Bagus untuk Pertumbuhan Ikan, Harga Pakan Nila per Kg Mulai Rp9 Ribuan

Harga Pakan Nila - organik-hcsjatinangor.blogspot.comHarga Pakan Nila - organik-hcsjatinangor.blogspot.com

nila termasuk bisnis yang cukup menguntungkan. air tawar ini banyak diminati sebagai . Sayangnya, pakan ikan nila per kg yang sifatnya fluktuatif ternyata dianggap cukup memberatkan para pembudidaya nila. Tak heran jika kemudian para nila mulai berpikir kreatif dengan mengembangkan pakan mandiri atau pakan alternatif.

Sebelumnya, harga pakan ikan pabrikan pelet per sak kabarnya mengalami kenaikan sekitar Rp20 ribu hingga Rp30 ribu. Oleh sebab itu, para pembudidaya disarankan untuk mengembangkan pakan mandiri. Dengan dikembangkannya pakan mandiri dapat meningkatkan efisiensi pakan, sehingga dapat menekan disparitas produksi budidaya dengan nilai jual. Dengan demikian, margin keuntungan pembudidaya dapat mengalami pertumbuhan sekitar Rp4.000 hingga Rp5.000 per kg hasil produksi.

“Ini geliat pakan mandiri terus terjadi diberbagai daerah, seiring respons masyarakat yang positif. Saya ambil contoh di Pasuruan, ada kelompok yang sukses berinovasi mengembangkan pakan mandiri dan memberikan dampak bagi peningkatan pendapatan pembudidaya di sekitarnya,” kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto seperti dilansir dari situs resmi KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan).

Pembudidaya ikan nila lainnya di Desa Bandar Agung, Kecamatan Sragi, Lampung Selatan pun kabarnya harus melakukan penghematan biaya pakan nila dengan memanfaatkan lumut sutera (alga filamen). Menurut salah satu pemilik kolam ikan nila bernama Bima, lumut sutera tumbuh subur secara liar di berbagai empang dan genangan air di wilayah aliran Way Sekampung. Ketika hujan biasanya lumut sutera dapat berkembang lebih cepat, sehingga banyak diburu oleh pembudidaya ikan nila untuk dijadikan pakan.

“Penggunaan lumut sutera sangat efektif, karena tidak memerlukan sistem pemeliharaan yang sulit, terutama saat musim hujan perkembangan tersebut lebih cepat,” ujar Bima. Untuk mencari lumut sutera pun juga cukup mudah, karena hanya bermodal serok, ember, dan karung.

Pemakaian lumut sutera sebagai pakan ikan nila dapat menghemat sekitar 20%. Pasalnya, pemakaian pakan pabrik berupa pelet dalam sekali tebar bisa menghabiskan sekitar 5 sak. Harga pakan ikan nila per sak saat ini berkisar di angka Rp230 ribu. Sementara itu harga pakan ikan nila per 1 kilogram berkisar mulai Rp9 ribuan hingga Rp22 ribuan.

Loading...