Mengandung Nutrisi yang Dibutuhkan, Segini Harga Pakan Ikan Nila 50 Kg

Memberi Pakan Ikan Nila - arenahewan.comMemberi Pakan Ikan Nila - arenahewan.com

Nila termasuk yang banyak dibudidayakan untuk memenuhi pangan di Indonesia. nila sendiri sebenarnya tergolong mudah, namun para pembudidaya perlu memerhatikan asupan yang bernutrisi untuk nila. Pakan ikan nila umumnya kiloan (per 1 kilogram) hingga per karung isi 10 kg, 30 kg, hingga 50 kg. pakan ikan nila dipatok , tergantung mereknya.

Sebagai contoh, harga pakan pelet ikan Turbo T78-4A untuk gurame, nila, dan lain-lain dijual dengan harga Rp409 ribu per karung isi 30 kg. Kemudian Pelet Hi Pro-Vite 781 1 karung isi 20 kg harganya Rp245 ribu per karung, serta Pakan Pelet Ikan Tenggelam Mas Nila Newhope Aqua Feed Champ 50 kg dijual seharga Rp661 ribu. Harga pakan ikan nila 50 kg yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berencana untuk mencetak lebih banyak budidaya ikan guna memaksimalkan sektor budidaya ikan di Indonesia. “Pengembangan budidaya ikan harus lebih masif karena budidaya itu lebih terkontrol. Kita optimalkan pelatihan untuk para budidaya bagaimana mereka bisa mengelola dengan standar mutu yang baik. Hal ini tentu bisa meningkatkan hasil ikan budidaya di Indonesia,” kata Menteri KKP Trenggono, seperti dilansir Okezone.

Upaya Menteri Trenggono untuk mendorong budidaya ikan ini karena pihak KKP bertujuan meningkatkan pemberdayaan masyarakat supaya dapat mandiri dan memajukan perputaran ekonomi di berbagai wilayah di Indonesia. “Misal budidaya nila, lele, gurame, atau patin. Semua itu secara ekonomi harus dihitung. Dimulai dari perhitungan supply bibit dan supply pakannya, hingga harga ikan agar kita bisa meningkatkan perputaran ekonomi di berbagai wilayah di Indonesia,” ungkapnya.

Kepala BRSDM KKP Sjarief Widjaya pun mengungkapkan jika selama kurun waktu 5 tahun terakhir sudah ada lebih dari 300.000 kelompok yang mendapat pelatihan dari KKP. “Hal ini tentu saja bertujuan untuk mencetak kelompok budidaya ikan yang memiliki sistem mumpuni agar hasil budidaya memiliki yang baik dan layak dipasarkan,” bebernya.

Loading...