Harga Pakan 511 Bravo Melambung, Keuntungan Peternak Makin Berkurang

Harga Pakan 511 Bravo - www.tokopedia.comHarga Pakan 511 Bravo - www.tokopedia.com

Pakan adalah vital bagi ternak. Namun permasalahan pakan ternak yang terus melambung tinggi di sejumlah daerah jadi ganjalan yang cukup mempengaruhi keuntungan yang didapatkan oleh para peternak, khususnya di wilayah Medan.

Sejak bulan Agustus 2018 lalu kabarnya harga pakan ayam ternak masih tinggi dan berkisar antara Rp 7.490 hingga Rp 7.500 per kilogram (kg) dibanding harga normal di kisaran Rp 7.190 hingga Rp 7.200 per kg. “Dalam satu bulan terakhir harga naik Rp 300 per kg dan kenaikan ini sudah terjadi sebanyak empat kali. Kenaikan harga pakan ini memberikan pengaruh besar terhadap penghasilan kami,” ungkap Ai Ho, salah satu pedagang pakan ayam di Sei Kambing Medan, Agustus lalu, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Ai Ho mengungkapkan, kenaikan harga pakan sangat mempengaruhi daya beli dan peternak. “Para peternak mencari pakan alternatif lain untuk mengurangi pengeluaran mereka. Akibatnya, penghasilan kami sangat tergerus,” jelasnya.

“Kalau peternak menghabiskan 10 karung pakan dalam sehari maka pengeluarannya bisa bertambah sampai Rp 150.000. Kalau dalam hitungan masa pembibitan sampai panen (per periode) terhitung 28 hari maka pengeluaran bisa mencapai Rp 4,2 juta per periode. Itu pun kalau harga pakan tidak naik lagi,” sambung Ai Ho.

Sebagai pedagang, ia khawatir apabila harga pakan terus mengalami kenaikan. “Biasanya saya bisa dapat Rp 4 juta hingga Rp 5 juta per hari, sekarang cuma Rp 2 juta saja. Supir pun sudah dirumahkan karena tidak mampu menggajinya,” ungkap Ai Ho.

Lebih lanjut Ai Ho mengungkapkan jika bukan hanya harga pakan ayam pedaging saja yang mahal, pakan ayam petelur dan pakan ikan tawar juga naik. pakan ayam yang naik dari beberapa bulan lalu adalah 511, 311, Bravo 512, dan sebagainya. Adapun harga pakan 511 Bravo PT Charoen Pokphand Indonesia di saat ini berkisar mulai dari Rp 9 ribuan hingga Rp 11 ribuan per kilo, sedangkan pakan 511 Bravo Hi-Pro-Vite per 1 karung isi 50 kg harganya mencapai Rp 475 ribuan.

Loading...