Maskapai Lion Air Terapkan Harga Baru untuk Over Bagasi per Kg

Bagasi pada maskapai Lion AirIlustrasi : Bagasi pada maskapai Lion Air - tribunnews.com

menerapkan tarif untuk over baggage atau kelebihan berat bagasi (excess baggage ticket/EBT) ketika para penumpang pesawat melakukan check-in atau pelaporan di konter mulai awal September 2019 lalu. Harga atau biaya kelebihan bagasi penumpang nantinya akan mengikuti berat aktual sesuai dengan hasil penimbangan di .

Sebagai informasi, dan Wings Air sebagai maskapai low cost carrier (LCC) mengusung bagasi tercatat 0 kg. Sedangkan Batik Air yang hadir sebagai maskapai full service memberikan bagasi tercatat gratis hingga 20 kilogram (kg). Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro menjelaskan jika Lion Air dan Wings Air telah mengenakan biaya terhadap kapasitas (berat) bagasi tercatat untuk maupun internasional.

“Untuk biaya kelebihan bagasi (excess baggage) mengikuti berat aktual sesuai aktual penghitungan timbangan di bandar udara dan tetap dikenakan apabila tamu atau penumpang membawa bagasi melebihi berat, setelah dibandingkan dengan baggage allowance dan pre-paid baggage,” ujar Mandala, Senin (26/8), seperti dilansir Tirto.

Adapun tarif kelebihan berat/dimensi EBT dihitung per kg, berbeda-beda antara satu rute dengan lainnya. Misalnya saja untuk rute penerbangan Jakarta- dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Adisutjipto mematok harga over bagasi Lion Air sebesar Rp24 ribu, kemudian rute Cengkareng-Medan tarifnya Rp49 ribu per kilo.

Tarif yang lebih mahal diterapkan pada pesawat Batik Air. Untuk rute yang sama, yakni Cengkareng-Jogja biaya kelebihan bagasi per kg dipatok Rp33 ribu, sedangkan untuk rute Cengkareng-Medan dikenai biaya kelebihan bagasi mencapai Rp70 ribu per kg.

Untuk menanggulangi biaya kelebihan bagasi yang terlalu mencekik, para penumpang pesawat diarahkan untuk menggunakan layanan pre-paid baggage Lion Air dan Wings Air. Dengan demikian, penumpang dapat membeli kuota bagasi (extra baggage allowance) sebelum keberangkatan sesuai dengan kebutuhan, mulai dari paket 5, 10, 15, hingga 20 kg dengan maksimum pembelian per penumpang 30 kg.

Harga voucher bagasi Lion Air juga bervariasi, tergantung rute yang ditempuh. Misalnya rute Jakarta-Yogyakarta per kilonya dikenai tarif Rp17 ribu, sedangkan untuk rute Jakarta-Medan per kg ditarik biaya Rp36 ribu. Voucher bagasi ini bisa dibeli pada saat atau setelah pembayaran tiket, maksimum 6 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Loading...