Kerap Dipasang untuk Tower, Harga Obstruction Lamp Mulai Ratusan Ribu Rupiah

obstruction lamp disebuah bangunan - primefeed.in

Seperti halnya tempat tinggal, gedung tinggi atau tower (menara) juga membutuhkan penerangan khusus untuk menerangi kondisi sekelilingnya. Di tower misalnya, biasa dipasang lampu bernama obstruction lamp sebagai penanda supaya pesawat yang melintas tidak sampai menabrak bangunan tersebut. Harga obstruction light/lamp di bermacam-macam, tergantung mereknya.

Manajer Operasional AirNav Cabang Semarang, Kelik Widjanarko menjelaskan bahwa obstruction lamp termasuk bantu pendaratan visual yang berfungsi membantu dan melayani pesawat terbang selama tinggal landas, mendarat, dan melakukan taxi (bergerak di darat) supaya dapat bergerak secara efisien dan aman atau Airfield Lighting System (AFL).

“Obstruction Light yaitu rambu penerangan berfungsi sebagai tanda untuk menunjukkan ketinggian suatu bangunan yang dapat menyebabkan gangguan/rintangan pada ,” jelas Kelik, seperti dilansir Kompas.

Obstruction lamp sendiri kabarnya berasal dari Eropa dan Amerika Serikat sejak awal 1920-an, ketika mulai dioperasikan penerbangan pada malam hari. Lampu satu ini harus dinyalakan guna mencegah terjadinya di udara. Selain itu, obstruction lamp harus diletakkan pada titik tertinggi untuk menghindari tabrakan dengan bagian lain ketika berada pada posisi atas. Lampu indikator ini ditandai dengan penerangan kedap-kedip beacon merah (20 sampai 40 kedipan setiap menit) dan lampu yang tetap menyala selama operasi pada malam hari.

Meski umum digunakan dalam dunia penerbangan atau menara, obstruction lamp pun kini banyak dijadikan bagian dari papan penanda reklame atau untuk mempromosikan lokasi cafe atau tempat usaha lainnya. Oleh sebab itu, obstruction lamp makin banyak ditawarkan di pasaran dengan berbagai .

Adapun harga obstruction lamp merek terkenal seperti Philips XGP500 Obstivision Lamp-OBL Lamp mulai Rp2,15 juta sampai Rp2,3 jutaan per buah. Lampu obstruction dari Philips ini diklaim hemat energi dan tahan lama (maintenance free), serta menggunakan housing aluminium die cast yang tahan cuaca hujan maupun panas.

Selain Philips, ada juga obstruction lamp merek Qlight Saol2 seharga Rp2,51 juta, kemudian obstruction lamp lainnya tanpa merek dengan harga relatif lebih murah, yakni antara Rp220 ribuan hingga Rp1 jutaan untuk obstruction lamp penangkal petir.

Loading...