Pilihan Merek Beragam, Harga Tetes Mata di Indomaret & Alfamart Terjangkau

Obat Tetes MataObat Tetes Mata

Pertolongan pertama pada merah, iritasi, atau berair dapat diatasi dengan menggunakan tetes yang tersedia di berbagai obat, apotik, maupun minimarket seperti Indomaret dan Alfamart. Ada begitu banyak obat tetes yang diklaim bisa meredakan merah atau iritasi. Harga obat tetes tersebut pun tak terlalu menguras kantong, hanya berkisar di angka belasan ribu rupiah.

Di Indomaret misalnya, tersedia Rohto Tetes Mata Steril V-Extra 7ml dengan harga Rp16.200, kemudian ada Rohto Obat Mata Cool 7 ml seharga Rp18.700, Insto Obat Tetes Mata 7,5 ml harganya Rp16.300, dan Insto Dry Eyes 7,5 ml Rp16.700 per botol. Sedangkan di Alfamart menawarkan Insto Obat Tetes Mata Regular 7,5ml seharga Rp13.900 dan Rohto Obat Mata Cool 7 ml seharga Rp18.700 per botol.

Produk-produk obat tetes mata tersebut umumnya memiliki yang hampir sama, yakni mengatasi kemerahan dan rasa perih di mata yang disebabkan oleh iritasi ringan karena debu, asap, angin, dan setelah berenang. Beberapa produk bahkan dapat digunakan untuk melembapkan mata yang kering atau mengatasi iritasi karena lensa kontak dan alergi.

Obat tetes mata juga dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ketegangan mata , khususnya selama work from home (WFH). Ketegangan mata biasanya ditandai dengan beberapa , seperti penglihatan kabur, sakit kepala, mata kering, dan mata terasa lelah. tersebut muncul karena mata terlalu menatap layar laptop, sehingga mata jadi jarang berkedip. Padahal, saat berkedip dapat membuat permukaan mata tetap lembap.

Selain menatap layar, kegiatan membaca, menulis, atau pekerjaan intensif lain dalam waktu lama juga berpotensi menimbulkan ketegangan mata. “Kabar baiknya adalah melihat komputer, tablet, atau smartphone dalam jangka waktu lama tidak akan menyebabkan kerusakan permanen. Seperti yang kita semua alami, menatap layar terlalu lama dapat menyebabkan beberapa gejala tidak nyaman. Tetapi ada beberapa perubahan sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan ketidaknyamanan tersebut,” jelas Dr. Dianna Seldomridge, juru bicara klinis American Academy of Ophthalmology (AAO), seperti dilansir Kompas.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketidaknyamanan pada mata adalah dengan mengistirahatkan mata secara teratur setiap 20 menit selama 20 detik, duduk dengan jarak 18-25 inci (45-63,5 cm) dari layar komputer, hingga menggunakan obat tetes mata untuk menjaga kelembapan mata.

Loading...