Salah Satu Pengobatan untuk Atasi Scabies, Segini Harga Suntik Scabies Kucing

Ilustrasi: injeksi untuk kucing (sumber: petplace.com)Ilustrasi: injeksi untuk kucing (sumber: petplace.com)

Scabies merupakan penyakit yang sangat rentan menyerang seperti anjing hingga . Jika sudah terkena skabies, akan mengalami gatal-gatal dan sering menggaruk kulitnya hingga bulu-bulunya rontok atau bahkan terluka. Untuk menanggulangi scabies, para pemilik biasanya memberikan atau scabies. Biaya atau harga scabies untuk kucing berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp300 ribuan. Tarif yang berlaku di setiap klinik hewan mungkin bisa berbeda-beda.

Di sendiri harga obat suntik scabies seperti Wormectin 5 ml injeksi dijual kisaran Rp14 ribuan hingga Rp20 ribuan per botol. Menurut drh Nadhor Nainggolan M.Si, skabies sering menyerang kucing di negara tropis karena mereka kerap tak mempunyai pertahanan kulit yang kuat di iklim negara tropis seperti Indonesia.

“Penyebab kedua adalah lingkungan. Baik itu interaksi antar kucing maupun rumah atau tempat tinggal kucing yang tidak steril. Di situlah parasit atau jamur mudah hinggap ke tubuh kucing. Karena itulah, kebersihan lingkungan kucing butuh perhatian lebih agar penyakit tersebut tidak muncul,” jelas dokter Nadhor, seperti dilansir Jawapos.

Lebih lanjut drh. Nadhor menjelaskan, penyakit skabies disebabkan oleh parasit berupa kutu atau tungau. “Parasit itu menempel pada kulit kucing bagian atas. Ibaratnya, tungau itu menggali sampai bawah dan kulit bagian atas terangkat menjadi kulit mati,” terang drh Nadhor. Kulit mati itu pula yang membentuk keropeng-keropeng pada tubuh kucing, sehingga kucing terus merasa gatal dan menggaruk-garuk kulitnya.

Parasit itu biasanya muncul karena pengaruh lingkungan, misalnya tempat yang kurang bersih dan tertular kucing lain. Gejala awalnya adalah muncul keropeng-keropeng di salah satu atau beberapa bagian kulit. Apabila sudah muncul keropeng di kulit, Nadhor menyarankan kucing peliharaan untuk segera diperiksakan ke dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan menyarankan sejumlah yang sesuai dengan kemampuan.

“Mulai konvensional seperti mandi dengan sampo khusus atau injeksi,” tuturnya. Gejala skabies umumnya akan berkurang usai 2-3 hari setelah perawatan dan . Kulit mati akan luruh dan merangsang kulit baru.

Loading...