Mengandung Dextromethorphan, Harga Obat Batuk Neomethor Dibanderol Terjangkau

Batuk tidak Berdahak - www.insider.comBatuk tidak Berdahak - www.insider.com

untuk mengatasi di tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari tablet, sirup, hingga permen pelega tenggorokan. Salah satu kandungan dalam batuk adalah dextromethorphan. Zat ini bisa ditemukan dalam batuk seperti Neomethor. Harga Neomethor sendiri cukup murah, biasanya dijual per dus isi 100 tablet sekitar Rp37.500 sampai Rp45 ribuan saja.

Tiap tablet Neomethor mengandung Dextromethorphan HBr 15 mg dan Diphenhydramine HCl 10 mg yang indikasinya untuk simtomatik batuk tidak berdahak atau yang menimbulkan rasa atau batuk kering karena . Dosis minum Neomethor bagi dewasa adalah 60 mg tiap 12 jam, anak-anak usia 6-12 tahun adalah 30 mg tiap 12 jam, dan anak-anak 4-6 tahun dosisnya 15 mg tiap 12 jam.

Obat yang kerap disebut pil dekstro ini sebenarnya digunakan sebagai obat pereda batuk yang cara kerjanya langsung menekan pusat saraf supaya dapat mendorong dahak keluar dan mengurangi keluhan. Namun, sampingnya bila dikonsumsi dengan dosis berlebihan dapat menyebabkan seseorang “fly” atau mengalami halusinasi, hilang akal, serta kehilangan produktivitas hingga berujung pada kematian.

Menurut Deputi Bidang Pengawasan , Terapeutik dan Napza, BPOM, Dra. A. Retno Tyas Utami, Apt tahun 2013 lalu, efek samping dari overdosis dextromethorphan berakibat permanen. Oleh sebab itu dapat membahayakan kualitas generasi muda .

“Banyak kasus yang menunjukkan bahwa kebanyakan merebaknya penyalahgunaan pil ini ada di lingkungan pelajar dan mahasiswa, padahal efek yang ditimbulkan permanen. Daya pikirnya sudah kacau, kasihan masa depannya,” ujar Retno, seperti dilansir Beritasatu.

Pil dekstro yang dikonsumsi dalam dosis yang disarankan sebenarnya bermanfaat untuk menekan batuk (antitusif) dan sebagai pelancar dahak. Sayangnya, pil ini kerap disalahgunakan sebagai pil narkoba. Pasalnya, apabila dikonsumsi terlalu banyak (minimal 10 pil) sekali minum, bisa menimbulkan depresi sistem saraf yang dapat menjadi candu.

Meski demikian, Retno menjelaskan jika tidak semua pil pereda batuk yang mengandung dekstro bisa berakibat buruk. “Hanya yang tergolong obat sediaan tunggal dan dikonsumsi dengan kadar yang tidak wajar saja yang harus dihindari,” terangnya.

Loading...