Dikenal Kaya Serat, Harga Nata De Coco Gelas Dibanderol Terjangkau

Varian Es Nata De Coco - celotehanaknegeri2014.blogspot.comVarian Es Nata De Coco - celotehanaknegeri2014.blogspot.com

Siapa yang tak kenal dengan nata de coco? olahan ini cukup untuk aneka dessert atau minuman tropical yang menyegarkan. Nata de coco biasanya dikemas dalam kemasan pouch, bucket (ember) plastik, hingga kemasan cup (gelas) plastik dengan relatif terjangkau.

Ada banyak nata de coco gelas yang bisa ditemukan di . Misalnya saja Wong Coco Nata De Coco Cup rasa leci ukuran 235 gram dengan harga Rp4.900 di Alfamart, kemudian ada Indomaret Nata De Coco Selasih Leci 200 gr harganya Rp5.000, Indomaret Nata De Coco Selasih Strawberry 200g Rp5.100, Kara Nata De Coco Cup 220 g Rp3.600, Kara Nata De Coco Cup 130 gr Rp1.950, Inaco Nata De Coco Leci Cup 200gr Rp4.500, Minaco Nata De Coco 240 ml Leci Rp3.00, Del Coco Nata De Coco Cup 240 gr Rp3.900, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya sempat beredar kabar burung yang menyebutkan bahwa nata de coco merupakan serupa plastik yang tidak larut dalam perut karena teksturnya yang sangat kenyal. Pihak Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah mengklarifikasi kabar tersebut. “Jika ditekan, cairan [dalam nata de coco] akan keluar dan yang tertinggal adalah benang-benang serat yang menyerupai lembaran tipis,” demikian tulis BPOM di situs resminya.

Nata de coco sendiri adalah pangan berbasis buah yang terbuat dari air kelapa. BPOM menerangkan bahwa dalam pembuatannya, bahan pangan yang menyerupai gel tersebut terbentuk dari jutaan benang selulosa yang berlapis-lapis. Benang serat tipis atau selulosa tersebut sering juga disebut dengan istilah dietary fiber.

Serat itu pula yang dibutuhkan untuk pencernaan seperti mencegah sembelit karena memiliki sifat yang tidak larut. Serat tidak larut pun bertanggung jawab untuk mencegah divertikulitis, yakni sebuah kondisi yang umumnya ditandai dengan perkembangan divertikula di sepanjang dinding usus besar. tersebut lebih banyak menyerang mereka yang kekurangan serat. Banyaknya lapisan selulosa pada nata de coco membuatnya dapat memerangkap cairan. Apabila cairan berkurang, yang tertinggal hanya kumpulan benang serat tipis sehingga terasa liat dan sulit disobek.

Loading...