Mengandung Vitamin C Dosis Tinggi, Segini Harga NAT C 1000 Mg

Minuman Vitamin C - www.health.harvard.eduMinuman Vitamin C - www.health.harvard.edu

C kerap dikaitkan dengan daya tahan seseorang dan juga banyak dikonsumsi untuk mencegah terserang atau lainnya. Bahkan, muncul anggapan bahwa vitamin C tinggi sejumlah 1000 mg memiliki efektivitas yang lebih baik. Di pasaran, suplemen vitamin C dosis tinggi seperti NAT C 1000 mg dijual dengan mulai puluhan ribu rupiah.

Di Apotek K24 misalnya, harga NAT C 1000mg isi 10 tablet dijual Rp69.680 per botol, NAT C 1000 isi 30 cap harganya Rp154.519 per botol, dan NAT C 1000 mg isi 150 tablet harganya Rp767.721 per botol. Harga NAT C 1000 mg yang berlaku di setiap toko atau apotik bisa saja berbeda-beda.

Lantas, benarkah bahwa manusia membutuhkan vitamin C sebanyak itu? Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam Prof. Dr Iris Rengganis, SpPD-KAI, pada dasarnya tidak masalah untuk mengonsumsi vitamin C 1000 miligram, asalkan si peminum memang dalam kondisi kurang sehat atau kelelahan. “Kecuali pada saat lelah, sakit, butuh tinggi antioksidannya, itu baru kita bisa dua sampai tiga hari sampai seminggu, kita butuh. Setelah itu biasa lagi normal lagi, jadi jangan dibiasakan,” kata Iris, seperti dilansir Suara.

Terlebih karena kebutuhan vitamin C harian setiap orang berbeda-beda, tergantung dari usia dan aktivitas sehari-hari. Misalnya saja untuk anak usia 1 tahun ke atas, mereka hanya membutuhkan vitamin C harian sekitar 40-45 mg per hari. Kemudian, remaja butuh asupan vitamin C sekitar 65-90 mg, dan dewasa di atas 18 tahun membutuhkan antara 75-90 mg vitamin C per hari.

Dr Iris juga tak merekomendasikan minuman vitamin C dosis tinggi untuk dikonsumsi setiap hari. Apalagi jika dalam kondisi sehat atau telah memperoleh asupan vitamin C yang cukup. Pasalnya, tubuh hanya membutuhkan sedikit asupan vitamin C. Menurut dr Iris, jika kelebihan vitamin C justru akan terbuang dan menjadi sia-sia. “Tapi nggak boleh tiap hari 1000 miligram, jangan, karena kebuang lagi, karena tubuhnya butuh hanya sekian, dikasih 1000, tetap kebuang percuma,” tandasnya.

Loading...