Harga Murah, Sabun Nuvo Batangan Diklaim Bunuh 99% Kuman

Sabun Nuvo Batangan - www.tokopedia.comSabun Nuvo Batangan - www.tokopedia.com

Meski sabun cair saat ini semakin , namun masih banyak masyarakat yang menggunakan sabung batangan untuk keperluan mandi. Karena itu, beberapa pun tetap meluncurkan produk sabun batangan, salah satunya merek Nuvo yang dirilis Wings Corp. Di , sabun Nuvo batangan saat ini berkisar Rp1.800 hingga Rp2.200.

“Nuvo Family adalah sabun perawatan keluarga yang dapat membunuh kuman sampai 99 persen, serta mengurangi bau badan dan rasa gatal pada kulit,” klaim Wings Corp dalam situs resmi mereka. “Nuvo saat ini hadir dalam lima varian (80 gram), yaitu Classic, Caring, Nature, Energizing, dan Cool, dengan varian terakhir memberikan sensasi dingin dan kesegaran lebih lama.”

Tidak sulit menemukan sabun Nuvo ini karena telah bebas di pasaran, baik di pasar tradisional, , kelontong, minimarket, dan bahkan situs jual beli online. Di beberapa situs e-commerced, sabun Nuvo batangan saat ini dijual dengan harga mulai Rp1.800 hingga Rp2.200 per buah. Sementara, salah satu minimarket terkenal menawarkan paket tiga buah Nuvo batangan dengan harga Rp6.300.

“Sabun Nuvo merupakan sabun antiseptik yang mampu melindungi Anda dan keluarga dari serangan kuman, efektif membersihkan tubuh dari kotoran, serta membunuh kuman yang menempel pada kulit,” tulis Vemale.com. “Nuvo cocok untuk semua jenis kulit, serta memberikan perlindungan terhadap gangguan kulit.”

Mengenai penggunaan sabun batangan, banyak pihak yang meragukan bahwa varian tersebut tidak lebih baik dari sabun cair. Sabun batangan dikatakan berisiko untuk kesehatan karena dapat menularkan penyakit. Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1965 silam, sabun batangan diklaim tidak memindahkan bakteri ke pengguna kedua, sehingga tidak membahayakan kesehatan.

Seperti dilansir Liputan6, studi-studi lain memang mendokumentasikan adanya bakteri di sabun batangan, tetapi tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa sabun batangan adalah sumber infeksi. Sebaliknya, studi terbaru malah menyebutkan bahwa sabun batangan mampu melindungi manusia dari infeksi, bahkan ketika muncul wabah seperti Ebola beberapa waktu lalu.

Menurut New York Times, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan cuci tangan sebagai pertahanan utama melawan infeksi, baik dengan menggunakan sabun batangan atau sabun cair. Keduanya sama saja, satu-satunya kesalahan adalah tidak mencuci tangan karena takut terkontaminasi bakteri dari sabun.

Loading...