Harga Murah, Minyak Kelapa Murni Ternyata Dapat Dimanfaatkan Untuk Pengobatan

Harga Minyak Kelapa Murni

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO) telah lama dikenal memiliki banyak yang baik untuk maupun . Meski minyak kelapa murni lebih mahal dibandingkan minyak goreng biasa, nyatanya ada sebagian orang yang justru memilih menggunakan minyak kelapa murni untuk memasak dan merawat kecantikan kulitnya. Bahkan salah seorang di Pontianak memanfaatkan VCO untuk mengobati pasiennya.

“Kita di sini banyak kelapa, kan bisa dikembangkan jadi VCO. Inilah yang digunakan untuk mengobati,” kata dokter Puskesmas Purnama, dr Lina Rosalyn, seperti dilansir Tribunnews.

Virgin coconut oil atau minyak kelapa murni kabarnya merupakan minyak kelapa yang dibuat dari baku kelapa segar, diproses dengan pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan sama sekali, serta tidak menggunakan kimia dan RDB.

Penyulingan dengan teknik pemanasan terkendali atau tanpa pemanasan ini dapat menjaga kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi tetap utuh. Minyak kelapa murni juga disebut-sebut memiliki kandungan utama asam laurat yang memiliki sifat antibiotik, anti bakteri, dan jamur.

“Dari tahun 2006 VCO banyak digunakan ke luka, VCO ini murah, mudah didapat, dan juga mudah diaplikasikan. Banyak kasus trauma yang saya berikan ini, sampai sekarang masih juga digunakan untuk sakit maag. Sampai-sampai saya dikenal dengan dokter VCO,” tandas dr. Lina.

VCO atau minyak kelapa murni memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya berbeda dari minyak kelapa biasa. VCO biasanya berwarna bening, memiliki aroma yang harum, serta memiliki daya simpan yang cukup lama bahkan bisa lebih dari 12 bulan. Apabila beku, biasanya minyak kelapa murni warnanya akan berubah menjadi putih.

Menurut berbagai sumber, VCO menawarkan beragam khasiat seperti dapat mengatasi masalah rambut, melembapkan tubuh dan bibir, mengatasi luka bakar agar tidak membekas, membasmi jamur, meningkatkan stamina, hingga mengurangi risiko penyakit alzheimer hingga hipertensi.

Minyak kelapa murni bisa dengan mudah dibeli di pasaran seperti di apotik, supermarket, maupun mini market seperti Alfamart dan Indomaret. Harga jual minyak kelapa murni tahun 2017 berkisar mulai dari Rp 35 ribuan untuk kemasan isi 100 ml hingga mencapai Rp 189 ribu untuk kemasan botol per 1 liter.

Loading...