Harga Murah, Kurma dan Kacang Arab Banyak Dibeli untuk Oleh-Oleh Haji & Umrah

Ilustrasi : Kurma kerap dijadikan oleh-oleh jemaah haji dan umrah yang baru saja kembali dari Tanah Suci. - www.okezone.com

Masyarakat Indonesia yang baru saja pulang dari ibadah atau memang kerap membawa oleh-oleh untuk kerabat atau sanak saudara di Tanah Air. Oleh-oleh tersebut biasanya berupa air zam-zam, cokelat arab, , kismis, kacang Arab, hingga kacang fustuk atau pistachio. Oleh-oleh haji dan umroh itu ada yang memang dibeli langsung ketika berada di , namun ada pula yang memutuskan untuk membelinya di toko-toko oleh-oleh haji dan yang ada di Tanah Abang, Surabaya, atau sebagainya.

kurma dan kacang Arab di Indonesia bermacam-macam. Biasanya konsumen membelinya secara kiloan agar harga jatuhnya lebih . Menurut Hendrik, salah satu pedagang oleh-oleh haji dan umrah di Tanah Abang, Jakarta Pusat, kurma Mesir merupakan kurma yang paling laris diburu oleh jemaah jai dan umrah yang baru pulang ke Indonesia.

“Kurma Mesir yang paling laku, karena harganya murah, Rp 50 ribu per kilogram,” ujar Hendrik, seperti dilansir Tribunnews. Sedangkan varian korma yang harganya paling mahal adalah kurma Nabi atau kurma Ajwa yang bisa dijual mencapai Rp 300 ribu hingga Rp 350 ribu per 1 kilo.

Tak hanya kurma, kacang Mesir juga jadi varian yang paling laris dibeli konsumen. “Kacang Arab harganya murah meriah, makanya laku. Ibaratnya beli Rp 50 ribu dapat satu kilogram,” ungkap Hendrik.

Hendrik mengatakan bahwa rata-rata jemaah asal Indonesia biasanya tak ingin repot, sehingga mereka lebih memilih membeli oleh-oleh di Indonesia. “Lagian sama saja, semua kurma dari Arab datangnya,” katanya.

Sebagian besar jemaah haji dan umrah pun berbelanja oleh-oleh di Tanah Abang dalam jumlah banyak. “Rata-rata belinya perdus, satu kardus isinya 10 kilogram, Ada juga yang beli sampe 30 kardus,” beber Hendrik.

Tak hanya dijual di toko-toko saja, oleh-oleh haji dan umrah pun ternyata kini banyak dijual secara . Bahkan beberapa pedagang yang kreatif pun biasanya mengemas kurma dan kacang Arab dalam kemasan kardus kecil yang ringkas dan rapi untuk memudahkan jemaah memberikannya pada kerabat. Harga kardus kurma, kacang Arab, dan kismis tersebut relatif murah, mulai Rp 5 ribuan saja dan di dalamnya berisi kurma, kacang Arab, dan kismis yang telah dipacking kecil-kecil menggunakan plastik klip.

Loading...