Harga Murah, Garam Ikan Jadi Solusi Mengatasi Infeksi Jamur pada Ikan Hias

Garam Ikan - www.tokopedia.comGaram Ikan - www.tokopedia.com

Garam ternyata tak hanya dibutuhkan oleh manusia saja untuk sehari-hari, bahkan hias dalam aquarium pun membutuhkan garam yang dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit dari jamur dan bakteri. Garam memiliki perbedaan yang mendasar dengan garam dapur. Jika garam konsumsi biasanya mengandung iodium, maka garam alias garam NaCl tak mengandung campuran apapun alias murni NaCl (tidak beryodium).

Dalam dunia akuarium, selain pH air, rupanya kandungan garam juga perlu diperhatikan. Berbeda dari peliharaan seperti anjing dan kucing, untuk merawat ikan hias ternyata bisa dilakukan dengan memberikan mineral dan garam ikan untuk menjaga airnya. Selain itu, menguras aquarium ternyata juga tak harus dengan mengeluarkan ikan dari tempatnya. Caranya, cukup dengan menyedot air dari dasar akuarium hingga 20%, kemudian baru ditambahkan air baru.

“Mengeluarkan ikan dari akuarium bisa bikin stres atau siripnya robek. Kecuali, kalau akuarium sudah ditumbuhi banyak jamur. Itu baru perlu dikuras total,” kata Goro Prasetyo, pemilik Discus Aquarium, seperti dilansir Prokal.

Pemberian garam ikan dengan dosis yang sesuai dapat membantu menyeimbangkan kembali proses osmoregulasi dan memicu daya tahan tubuh ikan terhadap penyakit yang dideritanya. Dosis pemberian garam ikan sendiri cukup bervariasi, tergantung tujuannya. Jika ingin memberikan garam ikan sebagai profilaktik atau tonik, maka dosis yang dianjurkan adalah sekitar 1-2 sendok teh garam per 4 liter air atau 1-2 gram per liter.

Namun jika tujuannya adalah untuk infeksi jamur dan atau bakteri, maka garam ikan yang diberikan adalah sekitar 10 gram garam dan 1 liter air. Larutan garam ikan tersebut sebaiknya diberikan secara sedikit demi sedikit hingga mencapai konsentrasi 1% setelah 24-48 jam. Awalnya konsentrasi larutan garam dapat dimulai pada level 0,1-0,2%, kemudian ditingkatkan secara berkala setiap 3-4 jam sekali.

Untuk mencari garam ikan pun tak sulit. Biasanya sudah banyak toko-toko ikan hias yang menjual garam ikan dalam berbagai . Jika tak menemukan tempat garam ikan, biasanya di sejumlah e-commerce juga banyak yang menjual garam ikan (salt fish) dengan mulai dari Rp 5.000 per 500 gram.

Loading...