Harga Murah, Flashdisk (FD) 2GB Masih Dicari Konsumen

Flashdisk 2GB - www.tokopedia.comFlashdisk 2GB - www.tokopedia.com

dan terus berkembang dari masa ke masa. Demikian pula untuk urusan storage alias penyimpanan. Jika dulunya hanya ada flashdisk dalam 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan sebagainya. Maka penyimpanan FD kini lebih besar lagi, mulai dari 8 GB, 16 GB, 32 GB, 64 GB, 128 GB, hingga 256 GB. Masing-masing pun tampaknya juga terus bersaing untuk menawarkan flash drive berkecepatan tinggi dengan yang kompetitif.

Meskipun umumnya flashdisk yang beredar di pasaran memakai rentang kapasitas 8-64 GB, rupanya masih ada beberapa orang yang membutuhkan flashdisk berkapasitas kecil, misalnya saja 2 GB. Flashdisk berkapasitas kecil ini memang tak bisa digunakan untuk menyimpan file-file yang terlalu besar seperti film dalam format Bluray, atau file musik yang terlalu banyak. Namun jika hanya digunakan untuk keperluan menyimpan saja tentu sudah lebih dari cukup.

Masih ada beberapa produsen yang menyediakan flashdisk dengan kapasitas 2 GB saja, misalnya seperti Kingston, Toshiba, Sony, HP, Samsung, Sandisk, Transcend, dan sebagainya. Harganya pun relatif murah, hanya berkisar mulai dari Rp 15 ribuan hingga Rp 100 ribuan.

Namun sayang, terkadang ada beberapa pihak tak bertanggungjawab yang mengaku menjual barang original namun ternyata penyimpanan yang ia jual tersebut adalah KW alias palsu. FD asli dan palsu dari segi penampilan memang hampir serupa, namun dari performa akan benar-benar terlihat perbedaannya.

Flashdisk yang palsu alias KW memiliki kapasitas yang jauh berada di bawah kapasitas yang diklaim. Salah seorang pengguna bernama Tien En mengaku menjadi korban dari beredarnya flashdisk palsu. Tadinya flashdisk yang ia beli adalah flashdisk 64 GB dengan harga murah. Namun ternyata kapasitas asli dari FD tersebut tidak sampai 1 GB, hanya 832 MB saja.

“Ternyata ukuran sebenarnya hanya 832 MB saja. Ini hanya mungkin terjadi jika ada manipulasi di tingkat firmwarenya (dari pihak pembuat chipnya). Firmware itu tidak mudah diubah, dan cara mengubahnya diketahui oleh pembuatnya sendiri,” ujar Tien En melalui akun Facebooknya.

Flashdisk abal-abal tersebut mungkin memang terjangkau, namun tetap saja berbahaya. Apalagi bila sang pengguna tak menyadari bila kapasitas flash drive mereka tak sebesar yang tertera pada label. File yang tersimpan kemungkinan akan ter-overwrite atau terhapus ketika melakukan penyimpanan file baru.

Loading...