Harga Murah, Di Pasaran Tepung Roti Kerap Dikreasikan Untuk Berbagai Makanan

Tepung Roti - www.jakartafoodcoating.comTepung Roti - www.jakartafoodcoating.com

Kreasi snack atau jajanan saat ini memang sudah semakin variatif. Banyak orang yang sukses meraup yang besar dari kreativitas mereka memadukan berbagai hingga menjadi yang lezat dan memiliki nilai jual, misalnya saja seperti nugget. Selama ini nugget umumnya menggunakan dasar daging ayam. Namun di Yogyakarta, singkong ternyata juga bisa disulap menjadi nugget cukup dengan bermodal tepung roti dan -bahan lainnya. Kemudian nugget singkong tersebut dijual dengan yang relatif lebih murah dari nugget ayam biasa.

Kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) B-106 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) di Dusun Trukan, Desa Nglegi, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul berhasil mengkreasikan singkong menjadi nugget yang bercita-rasa unik. “Jadi, bahan baku singkong tidak sulit dicari,” kata Wahyu Aryo Baskoro, Ketua KKN B-106, seperti dilansir Liputan 6.

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan bahwa ini sengaja ia ciptakan supaya masyarakat dapat mencicipi singkong dalam bentuk lain dan juga meningkatkan nafsu makan anak-anak. Resep nugget singkong pun cukup sederhana, hanya terdiri dari 3 bagian, yakni bahan baku, tepung kering, dan tepung basah. “Tepung kering dan basah digunakan ketika menggoreng nugget singkong supaya lebih gurih dan renyah,” jelas Anggun, salah seorang KKN B-106.

Bahan baku utama nugget singkong ini adalah singkong, daging ayam fillet, bawang putih, bawang bombay, tepung tapioka, bubuk bawang putih, margarin, tepung roti, jahe parut, minyak goreng, lada, garam, gula, tepung terigu, tepung maizena, baking soda, telur ayam, air dingin, dan sebagainya. “Pembuatan nugget singkong ini telah disampaikan pada warga Trukan dan berhasil baik,” katanya.

Bahan-bahan untuk membuat nugget singkong pun cukup mudah ditemukan. Selain dapat digunakan untuk membuat nugget. Tepung roti atau tepung panir juga biasanya kerap digunakan untuk membuat pisang goreng, tahu crispy, risoles, dan sebagainya. Tepung roti dijual di dengan harga yang relatif terjangkau.

Di Giant, tepung roti kemasan 250 gram dijual dengan harga Rp 23.490, kemudian di Indomaret ada Mamasuka Tepung Roti 100 gr dengan harga yang cukup murah Rp 7.900 saja per bungkus, di Alfamart tersedia Mamasuka Tepung Roti 200 gram seharga Rp 15.000, Kobe Tepung Roti 270 gram Rp 11.600, dan masih banyak lagi.

Loading...