Harga Murah, Cetak Kalender Meja Ternyata Sudah Tak Seramai Dulu

Kalender Meja - fotocopyprintsemarang.blogspot.co.idKalender Meja - fotocopyprintsemarang.blogspot.co.id

Berkembangnya teknologi mau tak mau telah menggerus percetakan di Indonesia, terutama untuk sentra percetakan kalender terbesar di DKI , yakni kawasan Bungur, Kecamatan Senen, Pusat. Saat ini sudah banyak yang lebih memilih untuk melihat kalender digital dibanding memiliki kalender cetak. Meski demikian, pada tertentu seperti pilkada atau sebagainya, bisnis cetak kalender maupun kalender meja justru moncer.

Hal ini tak terlepas dari para calon legislatif (caleg) yang berlomba-lomba melakukan kampanye lewat media kalender dinding dan kalender meja. Harga cetak kalender meja biasanya dipatok bervariasi, tergantung dari desain, jumlah pemesanan, , dan bahan yang digunakan. Salah satu usaha percetakan di Bungur bernama Endang mengaku setiap ada permintaan ia bisa mencetak hingga 10.000 pcs kalender.

“10.000 pieces, kalender meja bisa 5.000 pcs bahkan lebih. Kalender dinding juga 5.000 pcs bahkan lebih,” ungkap Endang. Endang menjual kalender dinding dengan harga Rp 2.000/pcs. Apabila mencetak di atas 10.000 pcs, maka harganya lebih murah, yaitu Rp 1.500/pcs. Sementara itu untuk kalender meja dihargai Rp 4.000 per pcs, adapun untuk pesanan di atas 10.000 pcs dipatok seharga Rp 3.500 per pcs.

Lain lagi dengan penjual bernama Suparman. Walaupun ia dapat mencetak ribuan kalender, saat ini jumlah pemesanan kalender di percetakannya berkurang karena persaingan semakin ketat dan harga kertas pun semakin mahal. Suparman menjelaskan bahwa harga kertas naik dari Rp 38.000 per rim menjadi Rp 42.000 per rim.

“Kalau gede-gede yang megang lelang. Percetakan yang gede-gede yang dapet. Kalau naikin harga sendiri susah. Ya sebenernya ngurangin cuman kalau naikin sepihak enggak bareng-bareng kita juga ditinggal konsumen. Ya harus pinter-pinternya buat ini, bayar sewa, listrik dan lainnya,” beber Suparman.

Saat ini sendiri sudah banyak percetakan yang mengakali sepinya pemesanan dengan rajin melakukan promo lewat internet, baik dari website pribadi maupun e-commerce. Di e-commerce ada beberapa percetakan yang menawarkan cetak kalender meja satuan dengan harga Rp 68 ribu per pcs. Sementara itu di percetakan lain seperti Uprint harga cetak kalender meja untuk pemesanan 5.500 pcs berkisar mulai Rp 5.550 hingga Rp 26.780 per pcs, tergantung jenis kalender meja dan material kertas yang dipilih.

Loading...