Harga Mulai Rp6 Ribuan, Minyak Sereh Diyakini Aman Digunakan Bayi

Minyak Sereh - (Sumber: atsirich.com)Minyak Sereh - (Sumber: atsirich.com)

Minyak citronella (atau citronella oil) atau yang lazim disebut dengan minyak sereh diyakini memiliki manfaat yang baik untuk . Di pasaran, terdapat sederetan minyak sereh, misalnya minyak sereh Cap Gajah dan minyak sereh Sitronela Cap Lang. Beberapa tersebut tersedia di sejumlah swalayan hingga apotek dengan harga terjangkau.

Minyak sereh dipercaya bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk atau serangga. Penggunaan salah satu jenis minyak atsiri tersebut juga diyakini bisa memberi hangat, mencegah perut kembung, dan membantu mencegah iritasi ringan pada anak bayi.

Bahkan Institut Bogor pernah melakukan tentang keamanan penggunaan minyak sereh atau Citronella oil bagi bayi. Dan hasilnya, minyak sereh diketahui aman digunakan oleh bayi sebagai herbal. Bahkan, jika bayi menggunakan minyak sereh maka akan bebas gigitan nyamuk selama 6 jam.

“Penggunaan pada bayi terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam,” kata Phillips Gunawan, Presiden Direktur PT Barclay Products, dilansir dari Merdeka.com.

Di samping aromanya yang sanggup membuat nyamuk kabur, kandungan minyak atsiri yang terkandung pada sereh berkhasiat anti radang dan menghilangkan rasa sakit. Sereh yang dibuat minyak bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah.

Selain itu, sereh wangi juga digunakan sebagai pewangi alami yang bisa menghilangkan nyeri otot, relaksasi, dan lainnya. Banyaknya manfaat dari minyak sereh dikarenakan sereh memang merupakan minyak esensial aromaterapi yang mengandung anti bakteri alami.

Minyak Sereh Cap Gajah diklaim dihasilkan dari bahan-bahan berkualitas yang diperoleh dari ekstraksi dan destilasi dedaunan Cymbopogan Nardus. Tanaman ini dipercaya berasal dari India Selatan dan Srilanka yang mempunyai aroma tidak disukai dan dihindari serangga termasuk nyamuk. Minyak Sereh Cap Gajah di samping mempunyai manfaat melawan nyamuk juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri sendi dan otot serta keseleo.

Minyak hasil buatan PT USFI ini ditawarkan dengan harga murah, yakni Rp8.500-an, untuk kemasan botol 55ml. Mampu menghangatkan tubuh dengan cara dioleskan pada bagian-bagian yang dibutuhkan.

Selain Cap Gajah, produk minyak sereh yang cukup banyak memiliki penggemar di Indonesia adalah Minyak Sereh Sitronela Lang hasil produksi PT Eagle Indo Pharma. Produk ini dikemas dalam kemasan botol sebesar 30ml dengan harga Rp6 ribuan. Kedua produk ini memiliki penawaran harga yang cukup bersaing.

Beberapa produsen produk kesehatan juga banyak yang memanfaatkan kebaikan minyak sereh meski bukan sebagai bahan utama pembuatannya. Minyak sereh kerap dijadikan bahan campuran pada produk minyak telon. Dengan adanya kandungan alami seperti sereh pada produknya, membuat minyak telon dapat bekerja lebih efektif dalam mengusir nyamuk.

Sebagai produk minyak telon pertama di Indonesia, My Baby memakai Citronella oil (atau minyak sereh) karena murah dan efektif dalam mengusir nyamuk dan yang terpenting dapat digunakan secara aman dan praktis.

“Inilah yang kemudian membuat My Baby menguasai pangsa sebesar 24 persen pada kategori minyak telon di Indonesia. Produk ini pun diekspor ke Filipina dan Malaysia, dan di Filipina semenjak launching 2012 telah bertumbuh dengan pesat di setiap outlet toko modern”, ucap Presiden Direktur Tempo Scan Group.

Loading...