Harga Mulai Rp4.500/Ekor, Ayam Petelur Jadi Peluang Usaha yang Menjanjikan

Ayam Petelur - pelatihanayamkampung.blogspot.co.idAyam Petelur - pelatihanayamkampung.blogspot.co.id

Telur ayam merupakan salah satu makanan yang sering menjadi santapan sebagian masyarakat di Indonesia. Nah, fakta ini membuka peluang bagi mereka yang hendak menjajal bisnis berjualan telur ayam. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa memulainya dengan membeli ayam petelur dengan di kisaran Rp4.5000 per ekor untuk DOC bibit ayam hingga Rp45 per ekor untuk ayam petelur yang sudah siap produksi.

Sekadar gambaran, di Kabupaten Blitar, tepatnya di Desa Dadaplanggu, Kecamatan Ponggok, harga telur per kilogram bisa terjual di kisaran Rp19.500 dari . Sebelumnya, harga telur di ini hanya berada di kisaran Rp13.000 per kilogram. Sementara, harga telur ayam di pasaran Blitar saat ini berkisar Rp20 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga telur ini, selain kekompakan para peternak, juga karena yang semakin tinggi ketika produksi telur justru menurun,” jelas Sukarman, salah seorang peternak di kawasan tersebut. “Produksi telur terus menurun dari 90 persen menjadi 40 persen karena terserang virus seperti flu burung. Tetapi, virus itu hanya memengaruhi produksi telur, tidak sampai pada kematian ayam.”

Selain itu, salah satu langkah yang dilakukan untuk meningkatkan harga telur ayam adalah memangkas populasi ayam petelur. Jika sebelumnya ayam di daerah ini sekitar 15 juta ekor, kini dipangkas menjadi 12 juta ekor ayam, yang lantas menurunkan produksi menjadi 500 ton telur per hari. “Tetapi, cara afkir ini merupakan yang paling efektif dan tidak merugikan petani,” sambungnya.

Lain halnya dengan peternak ayam petelur di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta, yang menerapkan biosecurity yang memungkinkan ternak terhindar dari penyakit mematikan. biosecurity dengan tiga zona, membuat ribuan ayam petelur di Kulonprogo terhindar dari penyakit unggas seperti Avian Influenza (AI).

“Banyak manfaat yang diperoleh dari penerapan biosecurity dan tiga zona itu, seperti produksi meningkat dan ayam terhindar dari penyakit seperti AI atau flu burung,” kata Ketua Kelompok Peternak Ayam Ngudi Lestari, Akhir Rohman. “Tiga zona tersebut adalah memisahkan area kotor, semi-bersih, dan bersih di areal kandang ayam untuk melindungi ternak dari kontaminasi penyakit.”

Loading...