Harga Mulai Rp20 Ribuan, Termometer Basal Tubuh Digunakan Untuk Ketahui Masa Subur Wanita

Harga, termometer, thermometer, basal, tubuh, suhu, hamil, wanita, ovulasi, merek, merk, produk, kelebihan, hasil, akurat, waktu, penggunaan, cara, prediksi, menstruasi, menopause, mulut, lidah, di, pasaran, Omron, digital, pengukuran, BBT, body basal temperature, temperatur, masa, subur,Termometer digital mencatat suhu tubuh

Termometer digital sangat membantu dalam mengukur tubuh karena hasilnya dapat dibaca dalam waktu cepat dan berupa angka yang pasti. Termometer digital saat ini sudah banyak bentuknya, serta penggunaannya pun tidak selalu di ketiak, tapi dapat juga diletakkan di telinga atau dahi.

Termometer yang ada di pasaran cukup beragam, penting untuk membeli termometer digital yang sesuai dengan tujuan penggunaannya. Salah satunya adalah termometer untuk mengukur suhu basal.

Termometer basal adalah termometer khusus untuk mengukur suhu tubuh terendah pada setiap bulannya guna mengetahui . Pengukuran yang terbaik adalah pada saat suhu tubuh terendah tercapai, yaitu pagi hari setelah bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas lain. Pengukuran dilakukan dengan meletakkan termometer di mulut selama 5-6 menit untuk mendapat hasil yang akurat.

Jika Anda merekam suhu basal tubuh hingga beberapa bulan, Anda akan melihat perubahan yang unik. Dari perubahan suhu basal tubuh tersebut, Anda dapat memprediksi masa ovulasi dan menstruasi Anda, kemudian Anda dapat mengontrol kelahiran. Jika menstruasi Anda tidak teratur, Anda bisa mendapatkan saran yang tepat berdasarkan rekaman/record suhu basal tubuh Anda dari .

Sebelum ovulasi, Body Basal Temperature (BBT) berkisar antara 36,2 hingga 36,5 derajat Celcius. Namun pada dua atau tiga hari setelah ovulasi, terjadi perubahan hormonal sehingga BBT meningkat 0,4-1 derajat  hingga masa menstruasi berikutnya. Anda mungkin memperhatikan suhu naik turun setelah berhubungan intim, namun jika suhu tidak naik, berarti Anda belum hamil. Jika Anda sedang hamil, suhu tubuh akan meningkat.

Anda juga dapat memprediksi kelainan menopause dari mengamati suhu basal tubuh. Suhu basal tubuh merupakan informasi penting bagi tiap wanita. Perubahan suhu basal tubuh tergantung pada tiap wanita. Rekam suhu basal tubuh secara kontinyu hingga paling sedikit 3 bulan dan konsultasikan ke dokter.

Untuk mengetahui masa subur, pengukuran sebaiknya dilakukan selama 3 bulan berturut-turut, dan hasilnya dicatat setiap hari. Termometer basal ini biasanya dapat dihubungkan dengan media lain seperti smartphone atau komputer, sehingga datanya dapat dipindahkan dan disimpan dengan baik.

ukur tersebut (seperti thermometer biasa) dimasukkan ke dalam mulut diletakkan di bawah lidah bagian paling ujung kanan atau kiri, kemudian mulut kita tutup selama pengukuran berlangsung,” dikutip dari laman Akuinginhamil.

Harga termometer basal tubuh ini bervariasi sesuai merek yang Anda pilih. Misalnya, merk ThermoOne Alpha 1 seharga Rp20 ribu. ini memiliki kelebihan mudah dibaca dan akurat. Ada juga merk Omron Digital Thermometer yang ditawarkan dengan harga lebih yakni Rp95 ribuan hingga Rp135 ribuan.

Termometer basal diperlukan karena jenis termometer ini dapat menunjukkan perubahan derajat sekecil apapun, sedangkan termometer reguler tidak bisa sesensitif ini. Lakukan pengukuran BBT setiap pagi pada jam yang sama. Setiap selesai mengukur BBT, selalu catat suhu basal tubuh Anda dalam chart (yang biasanya diperoleh ketika Anda membeli termometer basal di ) atau bisa juga di buku pribadi. Nah, dari catatan setiap hari tersebut akan terbentuk pola suhu basal tubuh Anda.

Loading...