Harga Mulai Rp 700 Ribuan per Meter, Kanopi Membrane Kini Mulai Banyak Dilirik

Kanopi Membrane - canopymembranejakarta.comKanopi Membrane - canopymembranejakarta.com

atau minimalis dari hari ke hari terus berkembang. Adapun untuk urusan desain atap atau kanopi saat ini rupanya bukan hanya terbatas pada seperti galvalum atau polycarbonate saja, bahkan beberapa bangunan sudah banyak yang melirik desain kanopi membrane. kanopi satu ini bukan hanya diadaptasi pada bangunan komersial seperti cafe kekinian saja, tetapi juga sudah banyak perumahan minimalis yang menerapkannya. kanopi membran pun bermacam-macam, tergantung, desain, , dan bahan yang digunakan.

Sebagai , jenis bahan canopy membran ada bermacam-macam, mulai dari karet sintetis (thermoset), PVC, hingga bitumen modifikasi. Salah satu bahan yang banyak dipakai adalah kain Serge Ferrari dan kain Agtex. Adapun harga kanopi tenda membrane untuk merk Agtex antara Rp 700 ribuan hingga Rp 1,5 juta per meter, sedangkan merek Serge Ferrari harganya lebih mahal, berkisar antara Rp 1,25 jutaan hingga Rp 1,75 jutaan per meter.

Dibandingkan kanopi dari bahan galvalum atau polikarbonat, kanopi membran mungkin dinilai lebih memiliki daya seni yang tinggi karena desain dan modelnya bisa disesuaikan dengan selera dan tema dari suatu bangunan. “Tenda membran sering digunakan sebagai atap karena secara struktur membran ini lebih menarik terutama untuk lahan yang luas. Struktur membran terdiri dari material membran yang didukung oleh struktur rangka dan kabel, sehingga membentuk suatu desain arsitektur yang unik,” kata salah satu penjual atap membran.

Walaupun mungkin sepintas terlihat ringkih, ternyata dengan dukungan teknologi tinggi dan bahan yang dirancang khusus, atap membrane diklaim dapat menahan laju angin dengan kecepatan hingga 150 km per jam dan radiasi UV tingkat tinggi, sehingga relatif awet dalam menghadapi cuaca ekstrem. Selain itu, membran disebut-sebut dapat memantulkan panas hingga 75-85%, sehingga dapat dijadikan alternatif atap selain material polycarbonate dan kaca.

Meski punya sederet keunggulan atau kelebihan, ternyata kanopi membrane tetap saja tak luput dari kekurangan. Sebelum memutuskan menggunakan atap dari membrane, pemilik rumah perlu mempertimbangkan kelemahan seperti bahan membrane yang biasanya rentan sobek jika tertimpa sesuatu, selain itu jika menggunakan warna membran yang gelap seperti hitam akan cenderung bersifat menyerap panas.

Loading...