Harga Mulai Rp 700 Ribuan, Orchard Punya Koleksi Closet Duduk dengan Beragam Desain

Closet Duduk - archive.rimanews.comCloset Duduk - archive.rimanews.com

Kloset yang umum digunakan di Indonesia ada 2 , yakni closet duduk dan kloset jongkok. kloset yang beredar di pasaran pun sangat beragam, mulai dari Toto, Ina, American Standard, hingga merk Orchard. Harga kloset-kloset tersebut , tergantung dan spesifikasinya.

Untuk merek Orchard misalnya, terdapat beberapa kloset duduk yang diproduksi, yakni NA001 dan JA031 dengan harga Rp 750 ribuan, Orchard JA0126 dan JA003 seharga Rp 900 ribuan, dan tipe JA0125 harganya Rp 1 jutaan. Dibandingkan merek-merek terkenal, bisa dibilang harga closet duduk Orchard ini masih relatif terjangkau. Terlebih desainnya pun minimalis serta mengedepankan fitur-fitur standar kloset pada umumnya.

Hingga kini mungkin banyak orang yang masih bingung memilih mana yang terbaik antara kloset jongkok atau kloset duduk. Seperti dilansir Medical Daily melalui Solopos, berdasarkan hasil penelitian dalam jurnal Digest Diseases and Sciences, bentuk kloset mempengaruhi kelancaran ketika buang air besar. Dari penelitian itu disebutkan jika kloset jongkok justru lebih higienis dibanding model duduk. Pasalnya, tak terjadi kontak langsung antara tubuh dengan kloset jongkok.

Kloset jongkok disebut-sebut dapat melatih kekuatan kaki dan panggul untuk menahan berat badan. Tetapi bukan berarti tak boleh menggunakan kloset duduk. “Pemakaian kloset duduk lebih dianjurkan kepada balita, wanita hamil, penderita arthritis alias radang sendi, obesitas, dan orang lanjut usia (lansia). Kloset ini bakal lebih nyaman dipakai karena tidak memberikan tekanan pada lutut maupun perut,” demikian bunyi penelitian tersebut.

“Tapi, pemakaian kloset duduk berpotensi tinggi dalam menyalurkan kuman serta virus ke tubuh. Hal ini terjadi karena kontak langsung antara tubuh dengan kloset,” sambungnya. Sementara itu, pemakaian kloset jongkok pun berpotensi menyebabkan arthritis dan gangguan lutut. Jadi, kloset jongkok kurang disarankan untuk mereka yang memiliki gangguan tersebut.

Bagaimanapun juga jenis kloset, apakah kloset duduk atau jongkok sangat bergantung pada preferensi dan setiap orang. Tiap jenis kloset pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Loading...