Harga Mulai Rp 7 Ribuan, Kertas Concorde 160 Gram Banyak Dipakai untuk Sertifikat

Kertas Concorde untuk sertifikat - tokopedia.com

Selama ini sebagian besar orang mungkin hanya mengenal beberapa kertas saja, misalnya kertas HVS yang banyak digunakan untuk mencetak -dokumen penting. Padahal selain kertas HVS sebenarnya masih banyak kertas lainnya yang juga digunakan dalam berbagai keperluan, misalnya art carton, art paper, jasmine, buffalo, hingga kertas concorde. kertas-kertas tersebut biasanya ditentukan berdasarkan ukuran atau gramaturnya.

Adapun kertas concorde atau yang juga kerap disebut concord adalah jenis kertas yang permukaannya penuh dengan serat garis dan agak bergelombang atau tidak beraturan permukaannya. Kertas concorde sendiri lebih lembek dari kertas conqueror (kertas impor), sehingga apabila dilipat maka akan terlihat sedikit patah-patah teksturnya, apalagi jika kertasnya tebal. Kertas concorde tersedia dalam beberapa gramasi, yakni 160 gram, 220 gram, hingga 250 gr.

Harga concorde 160 gram per m2 ukuran A4 (210 x 297 mm) mulai Rp 7.500 hingga Rp 11.900 per pack isi 10 lembar. Kertas concorde sendiri bisa dibeli di berbagai toko kertas atau toko buku besar seperti Gramedia. Pilihan yang tersedia ada bermacam-macam, namun biasanya cenderung -warna yang soft atau lembut, misalnya kuning cerah, oranye pudar, peach, pink, hingga putih keabu-abuan. “Kertas bertekstur ini biasa digunakan untuk atau kop surat, laporan tahunan, dan brosur promosi,” ujar salah satu penjual kertas concord.

Selain dimanfaatkan untuk membuat sertifikat atau kartu nama, salah seorang mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), Muhammad Fitri Mawardi juga berhasil memadukan kertas concorde dengan pita kaset bekas menjadi sebuah karya seni yang menarik dan bernilai jual tinggi. Pita kaset bekas miliknya tersebut disulap menjadi sebuah karya lukis atau yang sangat artistik.

“Waktu itu lagi di kosan, enggak sengaja iseng ada kaset rusak. Terus ingin coba hal baru, pertama bikin sketsa dulu. Kalau udah bisa sketsa nanti bisa rasanya muncul sendiri,” kata Mawardi, seperti dilansir Detik.

lukisan pita kaset tersebut biasanya ia kerjakan dengan kertas concord, sebab menurutnya daya serap kertas ini cocok untuk menyatukan pita kaset dengan . Sedangkan kaset bekas banyak dipesan dari Cirebon. Lukisannya dijual dengan harga mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1,5 juta per buah.

Dengan pesanan per bulan yang mencapai 20 lukisan, Mawardi kabarnya dapat meraup hingga Rp 10 juta apabila sedang ramai pembeli. “Kisaran Rp 7 juta sampai Rp 10 juta atau Rp 5 sampai Rp 7 juta aja. 20 (lukisan) kaya patokan maksimal banget biasanya saya kurangi 15 tergantung kesibukan sih,” ungkapnya.

Loading...