Harga Mulai Rp 40 Ribuan, Isi Ulang APAR Ternyata Perlu Dilakukan Berkala

Isi Ulang APAR - tokoalatpemadamkebakaran.comIsi Ulang APAR - tokoalatpemadamkebakaran.com

Kebakaran bisa terjadi di mana saja, baik di perumahan, , hingga . Umumnya kebakaran di rumah tangga terjadi karena kelalaian sang rumah sendiri, seperti lupa mematikan kompor, tabung gas LPG tidak terpasang dengan baik, adanya korsleting listrik, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu memiliki pemadam api ringan (APAR) di rumah menjadi hal yang cukup direkomendasikan untuk antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Saat ini juga sudah banyak yang menyediakan refill atau isi ulang APAR dengan yang terjangkau.

Seperti halnya tabung gas LPG, tabung pemadam kebakaran pun juga bisa diisi ulang apabila sudah habis. isi ulang apar sendiri biasanya ditentukan berdasarkan bahan pemadam yang digunakan. Untuk bahan seperti dry chemical powder (bubuk) relatif murah, hanya sekitar Rp 40 ribuan per kg untuk tahun 2017 ini. Demikian pula untuk bahan sejenis seperti Carbondioxide (CO2), Foam Liquid (busa), dan Foam AB (busa), harga refill-nya dipatok Rp 40 ribuan per kilogram.

Sedangkan untuk isi ulang apar dengan bahan pemadam dari gas cair seperti Liquid Gas AF11 Starvvo berkisar Rp 650 ribu per kilo. Lain lagi dengan Liquid Gas NAV PIV Servvo dan Liquid Gas Solkaflam Alpindo yang harga refillnya bisa mencapai Rp 950 ribu per kg. Selain mempertimbangkan urusan harga, pemilihan bahan refill apar juga harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jasa isi ulang apar biasanya tersedia di sejumlah kota besar seperti Jakarta, Tangerang, dan sebagainya.

Cara menggunakan alat pemadam api ringan pun ternyata tak boleh sembarangan. harus memastikan tekanan gas pada indikator terlebih dahulu. Selain itu juga wajib memperhatikan jarak aman memadamkan api, yakni sekitar 1 meter dari sumber api.

“Pengisian ulang untuk APAR dengan media ABC Powder perlu dilakukan setiap 2 tahun,” kata Andre Adrian, Business Area Manager Fire Products Gunnebo Indonesia, seperti dilansir Tribunnews. Andre juga memperingatkan bahwa APAR sebaiknya diletakkan di tempat-tempat yang strategis dan mudah dijangkau oleh pengguna ketika terjadi kebakaran dalam rumah, misalnya saja di dapur atau di dekat tangga.

Loading...