Harga Mulai Rp 250 Ribuan, Cat Peredam Panas untuk Asbes Bisa Kurangi Suhu dalam Ruangan

Harga Cat Peredam Panas untuk Asbes

Memiliki hunian yang nyaman tentu menjadi impian banyak orang. Sayangnya Indonesia yang merupakan tropis terkadang bisa dilanda cuaca yang cukup panas dan membuat suhu di dalam rumah menjadi terasa sangat panas. Untuk mengatasi hal ini biasanya beberapa orang memutuskan untuk membeli AC atau menggunakan peredam panas di bagian asbes atau atap rumah. Saat ini sudah banyak merk asbes tahan panas terbaik dengan harga terjangkau yang dapat menurunkan suhu panas secara signifikan.

Di pasaran biasanya beredar -merek cat penolak panas seperti UVCOOL Paint, HeatGard, Snow Paint, hingga Reflecto Cool Roof. Untuk merk Heat Gard tersedia dalam 2 kemasan, yakni 4 liter yang dengan harga antara Rp 250 ribuan hingga Rp 300 ribuan dan ukuran 20 L yang dibanderol Rp 950 ribuan. HeatGard adalah cat pelapis anti bocor dan penolak panas yang diklaim dapat menurunkan suhu 10-15 derajat celsius. HeatGard terdiri dari beberapa pilihan , yakni abu-abu, putih, dan cream.

Sedangkan merek Reflecto Cool Roof juga terdiri dari beberapa pilihan ukuran, yakni 1 kg dengan harga Rp 190-205 ribuan, 4 kg seharga Rp 730 ribuan, dan kemasan paling besar ukuran 20 kg seharga Rp 3,3 jutaan. Cat peredam panas satu ini diklaim dapat mencegah bocor, anti jamur, dan mampu mengurangi suhu permukaan hingga 27 derajat celsius. Reflecto Cool Roof bisa diaplikasikan untuk permukaan spandek, zincallume, genteng besi, asbes, bitumen, dan genteng tanah liat.

Selain menggunakan cat peredam panas, biasanya orang-orang juga menggunakan insulasi yang dipasang di bawah atap agar dapat merefleksikan panas sehingga tidak langsung menembus ke bawah. “Nah kalau disini saya buat kerangka untuk mereduksi panas tepat di atap ruangan. Bahannya dari jaring-jaring sehingga panas matahari tidak langsung jatuh ke atap,” kata Fadhillah Hasrul, arsitek asal Jambi, seperti dilansir Tribunnews.

“Jadi saya buat tiangnya, dipasang jaring-jaring. Ada sengkang sekitar 60 cm. Gunanya panas yang jatuh, tidak langsung menerpa atap. Tapi ke jaring-jaring, lalu saat mau jatuh ke atap, dibawa angin yang mengalir di sengkang itu sehingga udara di ruangan bawahnya sejuk. Pakai papan bisa, tapi mungkin terasa berat. Pakai kain juga boleh. Apapun bisa dipakai agar panas matahari tidak langsung jatuh di atap ruangan kita,” pungkasnya.

Loading...