Harga Mulai Rp 25 Ribuan, Insektisida Virtako Sachet Dianggap Lebih Ekonomis

Virtako 300 SC Sachet 10 MlVirtako 300 SC Sachet 10 Ml - www.bukalapak.com

Dalam dunia , pengguna pestisida atau insektisida tepat dapat menjadi salah satu faktor yang menunjang keberhasilan panen. Salah satu insektisida yang cukup banyak digunakan oleh petani di Indonesia adalah Virtako 300 SC. yang diluncurkan oleh PT Syngenta sejak tahun 2014 lalu ini tersedia dalam kemasan botol dan yang praktis. Adapun Virtako sachet berkisar mulai Rp 25 ribuan hingga Rp 30 ribuan per sachet isi 10 ml.

Virtako 300 SC (Selluloid Cencetrate) adalah insektisida racun kontak dan sistemik berbentuk pekatan yang larut dalam air, berwarna putih kecokelatan, untuk mengendalikan hama penggerek batang, wereng, dan pelipat daun pada tanaman padi. Dalam Virtako 300 SC mengandung aktif klorantraniliprol 100 gram/liter dan tiametoksam 200 gram/liter.

“Virtako ini sangat superior dibandingkan insektisida yang telah beredar di . Misalnya, terbukti sangat efektif mengendalikan hama-hama utama pada tanaman padi, yaitu sundep, beluk, wereng, hama putih palsu dan ulat penggulung daun. Sehingga pasti lebih efisien dari segi biaya, waktu dan praktis dalam aplikasinya karena satu kali semprot mampu mengendalikan berbagai hama utama pada tanaman padi,” kata Marsudi, Product Manager Insektisida Virtako, seperti dilansir Gerbangpertanian.

Bahkan kabarnya saat dicoba oleh petani di Karawang, Jawa Barat, tanaman padi yang menggunakan Virtako disebut-sebut berhasil tumbuh lebih subur menghijau. “Hal itu disebabkan karena tanaman padi terbebas dari serangan hama setelah menggunakan Virtako, maka tanaman padi akan tumbuh lebih sehat sehingga akan lebih meningkat,” sambung Marsudi.

Virtako diklaim memiliki sejumlah kelebihan, yakni dapat digunakan untuk mengendalikan hama pada berbagai jenis tanaman , baik sayuran, palawija, dan tanaman perkebunan. Selain itu, Virtako kabarnya tak mudah rusak meskipun disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Sayangnya, kekurangan dari Virtako ini adalah dari segi harga. Bagi sebagian petani, harga Virtako kemasan botol dinilai terlalu mahal karena mencapai ratusan ribu . Oleh sebab itu, bagi petani kecil atau yang melakukan penanaman dalam skala kecil biasanya lebih senang membeli Virtako dalam kemasan sachet yang ekonomis.

Loading...