Harga Mulai Rp 245 Ribu, Alat Tes Gula Darah Jadi Solusi Praktis Untuk Pasien Diabetes

Alat Tes Gula Darah - www.viva.co.idAlat Tes Gula Darah - www.viva.co.id

Para penderita diabetes sebenarnya dianjurkan untuk melakukan pengecekan gula secara rutin. Sayangnya masih banyak orang yang mengabaikan kesehatannya sendiri dan enggan mengecek gula darahnya secara berkala. Padahal saat ini sudah banyak alat tes gula bagus dengan terjangkau yang memungkinkan seseorang untuk mengecek gula darah sendiri di rumah, sebab kadar gula darah seseorang bisa berubah-ubah dalam kurun waktu tertentu.

“Pengecekan ini diperlukan tidak saja untuk mengetahui kadar gula darah, namun juga dapat membantu terapi pengelolaan dan diabetes,” ujar dr Suharko Soebardi, SpPD-KEMD, penyakit dalam dan konsultan endokrin dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), seperti dilansir Tribunnews.

Pengecekan gula darah secara teratur rupanya dapat membantu untuk mengendalikan kadar gula darah dan mencegah komplikasi diabetes. “Pengecekan gula darah harus mengikuti aturan sesuai jadwal yang disarankan mengacu kepada Panduan PGDM, agar diabetes dapat mencapai target glikemik dengan aman,” imbuh dr. Suharko.

Tak hanya itu, pemeriksaan gula darah rutin bisa membantu penderita diabetes untuk mengetahui seperti apa efek makanan yang dikonsumsi dan dampak aktivitas sehari-hari terhadap kadar gula darah mereka. “Selain itu, dapat terlihat juga apakah terapi pengobatan diabetes sudah efektif atau belum, sehingga dokter dapat memberikan rekomendasi medis lebih lanjut dalam penyesuaian dosis insulin atau OAD yang diberikan bersama steroid,” papar dr. Suharko.

Berkat kemajuan teknologi, pengecekan gula darah kini tak hanya dapat dilakukan di laboratorium atau rumah sakit saja, tetapi bisa juga dilakukan secara mandiri dengan menggunakan alat tes gula darah yang banyak beredar di pasaran. Ada banyak merek dan jenis alat tes gula darah yang banyak di toko-toko alat kesehatan, misalnya saja merek Easy Touch GCU 3 in 1 Alat Monitor Kesehatan yang dibanderol dengan harga Rp 245.000 saja.

Kemudian ada merek Accu Check dengan harga Rp 750.000 yang diklaim dapat menampilkan hasil cepat hanya dalam waktu 5 detik saja. Lalu ada merk Nesco seharga Rp 450 ribu yang bisa mengecek kadar glukosa darah sekaligus tingkat asam urat, hemoglobin, dan kolesterol. Banyak pula merek-merek lain seperti Omron, GlucoDr, dan masih banyak lagi.

Umumnya cara menggunakan alat cek gula darah masih dengan invasif, yakni memakai tusuk jarum. Cukup sulit menemukan alat tes gula darah tanpa jarum di pasaran. Saat ini beberapa produsen masih berupaya mengembangkan alat tes gula darah tanpa jarum yang mengandalkan transmisi gelombang radio seperti GlucoWise. Kabarnya GlucoWise baru mulai memasarkan alat gula darah tanpa jarum tahun 2017 atau 2018 depan.

Loading...