Harga Mulai Rp 20 Ribuan, Teh Daun Tin Tawarkan Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Minum Teh - food.idntimes.comMinum Teh - food.idntimes.com

tin selama ini dikenal sebagai ‘ surga’ yang memiliki beragam untuk kesehatan. Selain buahnya yang dapat dimakan atau diolah menjadi berbagai jenis makanan olahan, daun tin yang sudah dikeringkan juga bisa diolah sebagai teh yang manfaatnya pun luar biasa. Teh daun tin disebut-sebut memiliki khasiat untuk mengobati sakit batu ginjal dan cocok untuk dikonsumsi diabetes. Saat ini sudah banyak pembudidaya buah tin yang menjual teh daun tin dengan harga bervariasi.

Sebagai , di Solo teh daun tin kemasan plastik isi 25 gram dengan harga sekitar Rp 20 ribuan saja. Ada pula teh daun tin yang dikemas layaknya teh celup isi 25 sachet masing-masing seberat 2 gram. Harga 1 pack teh daun tin celup Rp 47.500. Teh daun tin dijual di berbagai kota seperti Surabaya, Gresik, Jombang, dan masih banyak lagi.

Menariknya, teh daun tin ternyata bukan hanya menjadi Indonesia saja, tetapi kini juga telah merambah pasar luar negeri seperti Malaysia. “Untuk pasaran di Malaysia masih belum lama, kira-kira baru awal tahun 2016. Sebab ada warga sana yang tahu kita berupa daun teh tin dari internet, yang kemudian pesan dan sekarang menjadi langganan,” kata pembudidaya buah tin, Kuntajaya Ahmad, seperti dilansir Kompas.

Berkat kerja kerasnya bersama beberapa karyawan, Kunta berhasil mengolah pohon tin menjadi berbagai produk yang memiliki nilai jual. “Selain olahan berupa teh daun tin, kami juga sebenarnya jualan produk lain. Yakni, bibit tanaman buah tin serta buah tin kering. Meski untuk dua produksi jualan ini, masih terbatas untuk konsumsi dalam negeri,” ungkap Kuntajaya.

Menurutnya, olahan teh daun tin memiliki banyak manfaat seperti menurunkan kadar trigliserida, memperlancar ASI, melancarkan buang air kecil untuk penderita kencing batu, menurunkan obesitas, bermanfaat untuk gangguan kardiovaskular, terapi penderita asam urat, dan terapi bagi penderita diabetes. “Produk ini cukup bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena sudah diterangkan dalam Al Quran dan hadits nabi. Mungkin karena sudah tahu itu juga, sehingga kini banyak yang mulai pesan,” ucapnya.

Cara berkebun atau budidaya buah tin pun kabarnya juga cukup mudah dan tak butuh banyak . “Lebih bagus memang ditanam di tanah. Tapi bisa juga kok ditanam di pot-pot, jika memang tidak memiliki kosong. Itu pula yang kebanyakan dilakukan oleh para pelanggan kami,” tandasnya.

Loading...