Harga Mulai Rp 16 Ribuan, Lempok Durian Jadi Oleh-Oleh Khas Favorit di Pekanbaru

Ilustrasi : Lempok Durian - www.bukalapak.com

Lempuk atau lempok merupakan salah satu oleh-oleh khas yang tak boleh ketinggalan dibeli ketika sedang berkunjung ke Pekanbaru. Pada dasarnya tampilan lempok ini mirip seperti dodol, dengan rasa durian yang manis dan juga legit. Saat ini lempok durian sudah banyak dengan harga bervariasi di sejumlah oleh-oleh besar yang ada di Pekanbaru. Salah satunya di tempat seperti Mega Rasa atau sebagainya.

“Untuk Lempuk Durian harganya mulai dari Rp 16 ribu sampai Rp 50 ribu. Ada yang batang dan ada juga bungkus daun pelepah pinang dan kotak,” kata Danny, Manajer Mega Rasa, seperti dilansir TripRiau. “Selain itu juga ada produk seperti souvenir, cenderamata, dan kaos khas Riau,” sambung Danny.

Jajanan yang dipasarkan di Mega Rasa pun tak hanya sebatas Lempok Durian saja, ada juga kue-kue seperti Pancake Durian, Bolu Kemojo, berbagai varian kopi dengan Riau Roster, keripik ubi ungu, durian chips, keripik nangka, kue bangkit, kacang pukul, abon ikan patin, keripik kelapa jahe, dan masih banyak lagi khas lain.

Menariknya, Mega Rasa juga melayani pembelian secara online, sehingga mereka yang posisinya jauh dan penasaran untuk mencoba jajanan khas Pekanbaru bisa membelinya sebagai oleh-oleh melalui situs resmi Mega Rasa. “Kalau yang mau dari luar kota, bisa kita kirim. Website dan toko harganya sama. Untuk ongkos kirim ditanggung pembeli,” beber Danny.

Selain di toko oleh-oleh, kue seperti Lempok Durian ternyata juga banyak dijual online di sejumlah situs e-commerce dengan harga mencapai Rp 90 ribuan. Peminat jajanan manis ini memang cukup banyak. Bahkan Selamat, pria yang telah merintis pembuatan Lempok Durian sejak tahun 1991 silam mengaku telah memasok Lempok Durian hingga ke banyak wilayah, termasuk toko Mega Rasa.

“Lempuk durian kami sama sekali tidak memakai bahan pengawet. Kami kapok memakai pengawet karena merusak rasa atau mutu lempuknya,” ungkap Desi Aryati, istri Selamat, seperti dilansir Kompas. Lempuk yang mengusung brand Citra Rasa ini awalnya dijual tanpa di -pasar terdekat, hingga kini telah tumbuh menjadi brand besar yang kapasitas produksinya mencapai 2 ton per bulan atau 3 ton jika musim puncak buah durian, dengan mengandalkan panen durian dari Kabupaten Bengkalis.

Loading...