Harga Mulai Rp 1,6 Jutaan, Krisbow Sedia Kunci Momen dalam Berbagai Ukuran

Harga Krisbow Kunci Momen dalam Berbagai Ukuran

Kunci atau kunci pas tors yang dalam Bahasa Inggris disebut torque wrench memang memiliki fungsi yang cukup penting dalam dunia otomotif. Kunci biasanya digunakan untuk mengencangkan baut pada kendaraan dengan tingkat kekencangan yang tepat. Saat ini ada banyak kunci yang beredar di , misalnya seperti Tekiro, Britool, Tohnichi, hingga Krisbow. kunci juga cukup bervariasi, tergantung seri dan ukurannya.

Sebagai gambaran, untuk Torque Wrench merk Krisbow SQ1/2INC 60-340N.M dengan dimensi 65 x 10 x 8 cm dijual dengan harga Rp 1.809.225, sedangkan Krisbow Torque Wrench SQ3/8INC 20-100N.M dengan dimensi 65 x 9 x 8 cm harganya dibanderol Rp 1.683.935.

Cara pakai kunci momen ini rupanya tak boleh sembarangan, sebab jika salah dalam penggunaannya justru dapat membahayakan keselamatan dan merusak komponen . Seperti diketahui, kunci torsi biasanya kerap dipakai untuk melepas dan memasang ban . Bahkan ada beberapa orang yang melepas baut-baut roda dengan cara menginjak kunci momen atau memakai bantu seperti pipa besi.

Hal itu memang lumrah, namun pemasangan kembali roda atau untuk mengencangkan baut-bautnya ternyata tak boleh dilakukan dengan cara yang ekstrem sampai harus menginjak kunci momen atau memakai pipa besi. “Mengencangkan baut roda tidak perlu sampai diinjak. Cukup dengan tangan saja dan cukup anda tambahkan tekanan sebanyak 1/8 putaran dari kekencangan awal,” ujar Mus Mulyadi, kepala bengkel Autopit di Jakarta Timur, seperti dilansir Metrotvnews.

Menurut Mus, secara teknis mengencangkan baut roda sebenarnya tak boleh terlalu kencang. Hal ini dilakukan demi menjaga baut dan drat supaya lebih awet. Di samping itu, bila pemasangan baut terlalu kencang justru akan menyulitkan sang pengendara bila ingin melepas ban dalam kondisi darurat.

“Bayangkan jika yang mengemudi seorang wanita dan harus mengganti bannya yang bocor tanpa pertolongan. Baut yang terikat terlalu kencang dalam jangka panjang bukan tak mungkin akan mengalami metal fatigue alias kelelahan logam,” kata Mus.

Jika ban sudah terpasang dan mobil bisa melaju dengan normal, Mus menyarankan pengendara untuk segera datang ke bengkel mobil terdekat agar baut-bautnya dapat dikencangkan dengan kunci momen atau torsion bar. “Alat ini (kunci momen) berfungsi untuk mengukur kekencangan mur secara tepat, agar tidak terlepas dari ikatannya dan tidak merusak kedua komponen baik mur maupun baut roda,” tandasnya.

Loading...