Harga Mulai Rp 15 Ribuan di Superindo, Paprika Juga Banyak Dijadikan Tanaman Hias

Tanaman Paprika - www.pertanian99.comTanaman Paprika - www.pertanian99.com

Paprika memang bukan asli Indonesia, melainkan berasal dari Amerika Selatan. Meski demikian, dari terong-terongan ini ternyata memiliki banyak peminat di Tanah Air. Paprika kerap dimanfaatkan untuk diolah menjadi beragam masakan yang menggugah selera seperti pizza, tumisan, atau sebagainya. Mencari paprika pun tidak sulit, karena sudah banyak di supermarket dengan variatif.

Harga paprika di biasanya sangat bergantung pada warna dan bagaimana cara dibudidayakannya. Apabila dibudidayakan secara organik, tentu saja harga paprika per buah atau per 1 kg bisa lebih mahal. Selain itu, kabarnya harga paprika yang berwarna hijau ternyata lebih murah dibandingkan paprika berwarna kuning, oranye, atau merah.

Sebagai perbandingan, harga paprika di Superindo untuk red chili pepper Rp 16.950 per biji, kemudian paprika hijau organik Wado Organic Green Pepper dijual seharga Rp 25.491 per pack, lalu paprika merah organik (organic red pepper) Rp 32.473 per pack, paprika kuning (yellow bell pepper) harganya Rp 15.950 per buah, dan paprika oranye (orange bell pepper) dijual seharga Rp 16.950 per buah. Selain di Superindo, paprika juga banyak dijual di supermarket lain seperti Giant, Hypermart, Carrefour, Lotte Mart, dan sebagainya.

Menariknya, paprika kini juga banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di pekarangan oleh sejumlah orang. Warnanya yang cerah ternyata membuat banyak orang tertarik untuk menanamnya dalam pot. Salah satu petani paprika sekaligus Ruang Rimbun asal Jakarta, Maulana, mengaku tertarik membudidayakan paprika karena warna dan bentuk buahnya yang menarik. “Sempat menggunakan biji impor, tapi tidak ada yang berhasil. Jadi semua benih saya buat sendiri dari buah paprika yang sudah matang,” ujarnya, seperti dilansir Kontan.

Tak hanya Maulana, Adelina pemilik Go Green Living asal Kalimantan Timur juga mengaku meraup keuntungan cukup besar dari budidaya paprika. Setiap bulan ia mampu menjual sekitar 20-50 tanaman paprika. Harga tanaman tersebut dijual Rp 15 ribuan untuk yang berumur 2 bulan, sedangkan benih berisi 3-4 biji dijual Rp 5.000 per bungkus. “Tanaman ini dapat ditanam di dalam pot berdiameter 30 cm sehingga cocok dijadikan hiasan,” paparnya.

Loading...