Harga Mulai Rp 13 Jutaan, Implan Gigi Bisa Jadi Solusi Untuk Gantikan Geraham Yang Rusak

Gigi - reckonwordwide.comGigi - reckonwordwide.com

Memiliki yang keropos atau tanggal memang terkadang bisa membuat kepercayaan diri . Apalagi jika seseorang kerap berinteraksi dengan banyak orang. Beruntung kini dunia kedokteran sudah semakin maju dan memungkinkan seseorang untuk memperbaiki struktur giginya seperti sedia kala. Orang-orang yang mengalami permasalahan tanggal baik di bagian depan atau geraham biasanya disarankan melakukan implan atau tanam palsu. Meski implan tak , prosedur ini diklaim lebih tahan lama dari sekadar membeli gigi palsu biasa.

Implan gigi atau dental implant sendiri adalah prosedur penanaman material tertentu berwujud sekrup silinder khusus yakni dari titanium ke dalam tulang rahang yang fungsinya untuk mengganti bagian akar gigi yang rusak. Implan gigi disebut-sebut memiliki beberapa kelebihan, yakni dapat mempertahankan komposisi bentuk muka, serta lebih nyaman saat digunakan untuk mengunyah

“Implan gigi tidak rentan terhadap pengeroposan bahkan dapat bertahan seumur hidup, tetapi dapat menyebabkan masalah di kesehatan jaringan pendukung sekitarnya apabila tidak dirawat baik sesuai prosedur,” kata Drg R Ngt Anastasia Ririen Pramudyawati, seperti dilansir Tribunnews.

Oleh sebab itu, Drg Anastasia menegaskan bahwa penanaman gigi memerlukan prosedur yang ketat, pengontrolan kesehatan lokal gigi-mulut, dan kesehatan umum sang pasien. Pasalnya pelaksanaan tanam gigi nantinya melalui tindakan bedah tertentu. Kemudian, setelah gigi baru tertanam, pasien perlu berkonsultasi secara rutin ke dokter gigi untuk menjaga kebersihan gigi implan.

Biaya atau implan gigi geraham sendiri sangat bervariasi, tergantung bahan yang digunakan serta di mana prosedur ini dilakukan. Untuk bahan implan gigi yang menggunakan titanium asal Korea biasanya lebih murah, yakni berada pada kisaran Rp 13-15 jutaan dengan tingkat keawetan mencapai 10 tahun, lalu bahan titanium produksi Jerman biayanya Rp 18 jutaan dengan tingkat keawetan 15 tahun, serta yang paling mahal adalah titanium asal Amerika dengan harga Rp 20 jutaan namun memiliki tingkat keawetan hingga 20 tahun.

Sebelum melakukan implan gigi geraham, biasanya dokter gigi akan memeriksa sejumlah kondisi seperti posisi gigi, jumlah gigi, ketebalan tulang, hingga tinggi rendahnya tulang. Pasalnya hal-hal tersebut juga turut mempengaruhi biaya dari pemasangan implan gigi itu sendiri.

Loading...