Memiliki Segudang Manfaat, Harga Minyak Zaitun Asli Arab Bisa Sampai Ratusan Ribu Rupiah

Ilustrasi : Minyak ZaitunIlustrasi : Minyak Zaitun - kompas.com

zaitun sudah lama dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, , dan bahkan untuk . Selain minyak zaitun asal Italia sana, minyak zaitun asli Arab kabarnya juga bagus untuk dikonsumsi atau bahkan untuk dan rambut. Minyak zaitun asli Arab biasanya kerap di toko-toko oleh-oleh haji dengan yang , tergantung merk-nya.

Extra virgin olive oil merek Freshly misalnya, dijual dengan harga Rp40 ribu per botol. Kemudian ada juga merek minyak zaitun Tursina 550 ml seharga Rp90 ribu, Al Jouf Olive Oil 250 ml Rp150 ribu, minyak zaitun Tatco 250 ml original Arab Saudi Rp105 ribu per botol, minyak zaitun Afra 250 ml Rp54 ribu, Deep Olive Rp150 ribu, Al-Basha Rp220 ribu, dan masih banyak lagi merek-merek lainnya di pasaran.

Nah, agar tidak tertipu dengan minyak-minyak zaitun yang palsu atau berkualitas rendah, Chef Johan dari Filippo Berio berbagi terkait ciri-ciri extra virgin olive oil (EVOO) yang asli. Dengan demikian, calon pembeli pun tak perlu khawatir saat hendak membeli minyak zaitun untuk berbagai keperluan, termasuk untuk campuran bahan santapan si kecil alias MPASI (makanan pendamping ASI).

Menurut Chef Johan, harga extra virgin olive oil memang pada dasarnya cukup mahal. Kualitas buah zaitun yang dipilih dan proses pembuatan yang tak mudah mengakibatkan harganya melambung. “Minyak dengan harga yang jauh di bawah harga normal patut dicurigai apalagi jika produsennya tidak jelas,” kata Chef Johan, seperti dilansir Okezone.

Minyak zaitun pun disebut-sebut cukup sensitif bila terkena panas, apalagi jika terkena sinar matahari langsung. “Oleh karenanya usahakan untuk membeli minyak zaitun yang berbotol gelap. Kemasan botol kaca yang gelap mengandung pelindung UV layaknya kacamata hitam. Jadi minyak lebih terjaga dan kualitasnya lebih terjamin,” paparnya.

Namun bila konsumen sudah terlanjur membeli sembarang minyak zaitun, maka bisa mencoba menguji kualitasnya secara sederhana di rumah. Chef Johan menyarankan untuk mencoba memasukkan minyak zaitun dalam freezer dan didiamkan selama beberapa jam. Apabila minyak membeku, maka kualitas minyak tersebut bisa dibilang buruk. Tetapi jika minyak tetap berwujud cair, maka minyak zaitun tersebut berkualitas premium atau asli.

Loading...