Harga Minyak Masak 5 Kg Mulai Rp 105 Ribu, HET Dinilai Sulit Diterapkan di Pedagang Eceran

Minyak Goreng - budayahidupsehat.wordpress.comMinyak Goreng - budayahidupsehat.wordpress.com

Permasalahan seputar eceran terendah (HET) bahan pokok seperti goreng rupanya tak hanya melanda Indonesia saja. Di Malaysia, minyak goreng atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak masak pun kerap diselewengkan oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab. Pemerintah Malaysia melalui Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Kepenggunaan (KPDNKK) menerapkan minyak masak 1 kg bersubsidi di angka RM 2,50 (sekitar Rp 7.964), namun masih ada beberapa yang menjualnya seharga lebih dari RM 2,90 (Rp 9.239).

“Kami menanggapi hal ini dengan serius dengan melakukan tindakan tegas terhadapnya, termasuk melalui inspeksi di pabrik pengemasan minyak goreng bersubsidi,” ujar Direktur Penegakan KPDNKK, Datuk Mohd Roslan Mahayudin, seperti dilansir Astroawani.

Jika minyak masak 1 kg dipatok di angka RM 2,50, maka lain lagi dengan minyak masak 5 kg. Di Malaysia minyak masak atau cooking oil Saji ukuran 5 kg dijual dengan harga RM 22,79 atau sekitar Rp 72 ribuan jika dirupiahkan. Tak hanya di Malaysia, penerapan sistem harga eceran terendah memang cukup sulit dilakukan di Indonesia, salah satunya seperti di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Menurut Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bangka Belitung (Babel) Riza Haryani, penerapan HET minyak goreng untuk pedagang eceran memang cukup sulit. “Memang agak kesulitan menerapkan HET kepada pedagang eceran, namun untuk ritel sudah ada perjanjian harus menjual dengan harga HET minyak goreng kemasan sederhana yakni Rp 11.000 per kemasan,” kata Riza, Kamis (5/10), seperti dilansir Klikbabel.

Lebih lanjut Riza mengimbau pada seluruh distributor dan pedagang eceran untuk mulai memakai patokan HET sesuai Permendag RI agar dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok. “Ini juga kembali kepada konsumen, memilih tempat belanja di mana, jika di pasar ritel modern belanja nyaman tempat ber AC dan harga relatif murah sesuai HET, kenapa memilih belanja susah berdempetan dengan harga melambung di atas HET,” pungkasnya.

Sebagai , harga minyak goreng 5 kg di pasaran cukup bervariasi. Untuk merek Bimoli 5 liter dijual dengan harga Rp 105.000 per jeriken, Bimoli Spesial 5L Rp 115.000, Sania 5 liter Rp 110.000 per jerigen, dan Tropical Rp 115.000.

Loading...