Punya Aroma Kuat, Harga Minyak Kasturi Hitam Bisa Dijual Hingga Ratusan Ribu Rupiah

Minyak kasturi hitam (sumber: greenmommyshop.com)Minyak kasturi hitam (sumber: greenmommyshop.com)

Minyak kasturi atau yang dalam Bahasa Inggris disebut musk oil merupakan salah satu wewangian yang banyak disukai karena aroma wanginya yang kuat. Bahkan kasturi disebut-sebut sebagai salah satu wewangian kesukaan Nabi Muhammad SAW. Jenis minyak kasturi ada bermacam-macam, mulai dari minyak kasturi putih hingga hitam, di pun variatif.

Dengan ciri khas aromanya yang lembut, wewangian yang dihadirkan minyak kasturi konon kuat dan dapat bertahan lama. Oleh sebab itu banyak orang memanfaatkan minyak kasturi sebagai bahan pembuatan atau kecantikan lain. Tak cukup sampai di situ, minyak kasturi kabarnya sudah lama digunakan sebagai -obatan, seperti meredakan sakit, menghilangkan racun, atau meningkatkan energi dan .

Menurut pedagang parfum dan aksesoris di Abraj Janadriyah bernama Muhammad Abdul Rahman, sebenarnya kasturi bukan hanya satu jenis wewangian saja. Pria asal Malaysia ini mengatakan, tidak ada jumlah jenis wewangian kasturi yang diketahui karena para pedagang dan pembuat wewangian itu masing-masing memiliki campuran kasturi sendiri.

“Kasturi bahan pembuatannya dari kelenjar rusa yang telah dikeringkan, kemudian dicampur dengan berbagai bahan lain untuk membuat aroma kasturi seperti kasturi zaffran yang dihasilkan dari campuran bunga zaffran,” jelasnya, seperti dilansir dari Sinarharian.

“Namun, pada saat ini saya pikir banyak pedagang mulai beralih ke kesturi yang diproduksi dari bahan tumbuhan seperti bunga karena beberapa spesies rusa ini telah menjadi spesies yang terancam punah,” ungkap Abdul yang telah berdagang di Abraj Janadriyah selama 10 tahun.

Di pasaran biasanya minyak kasturi hitam dijual dalam botol-botol kecil berisi beberapa mililiter yang kondisinya masih murni atau belum dicampur pelarut seperti alkohol atau bahan lainnya. Sebagai informasi, harga minyak kasturi hitam 3 ml yang diklaim asli atau impor asal dijual cukup mahal, mencapai Rp300 ribu. Sedangkan minyak kasturi hitam 6 ml yang diklaim ori Arab harganya relatif lebih murah, sekitar Rp30 ribuan saja. Minyak kasturi hitam disebut-sebut punya aroma yang kuat dan pahit, serta cocok untuk digunakan beribadah.

Loading...