Dikenal Baik untuk Kulit & Rambut, Berapa Harga Minyak Jarak di Alfamart?

Minyak Jarak untuk Kulit & RambutMinyak Jarak untuk Kulit & Rambut

jarak atau castor oil sudah lama dikenal sebagai salah satu yang menyimpan banyak selain VCO (virgin coconut oil) dan sederet essential oil lainnya. Beberapa orang kerap mencari jarak di atau obat-obatan herbal terdekat. Produk ini umumnya dengan yang relatif terjangkau. Sayangnya, hingga kini tampaknya jarak masih belum tersedia di minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.

Tak hanya di apotek, minyak jarak pun sebenarnya bisa ditemukan dengan mudah di sejumlah jual-beli online terkemuka. Harga minyak jarak murni di online shop berkisar mulai Rp57 ribu untuk pure castor oil kemasan 270 ml. Ada juga yang menjualnya dengan harga lebih murah, yakni Rp55 ribu untuk 1 liter minyak jarak cold press.

Minyak jarak atau Ricinus communis merupakan minyak nabati yang kaya nutrisi dan berasal dari biji jarak. Minyak satu ini kerap digunakan untuk keperluan kosmetik dan obat-obatan. Minyak jarak biasanya berwarna jernih atau kuning pucat, kecuali bila minyak itu berasal dari pembakaran atau perebusan, maka warnanya berubah hitam.

Minyak jarak kerap disebut-sebut bersifat anti-inflamasi yang mampu menutrisi folikel rambut dan mencegah peradangan folikel rambut. “Beberapa manfaat menggunakan minyak jarak termasuk peningkatan kilau rambut, peningkatan kelenturan batang rambut dengan melapisi batang rambut, [dan] memberikan sifat antimikroba,” ujar dokter kulit dan ahli pemulihan rambut Nikki Hill, seperti dilansir Tempo.

Tetapi, apakah benar jika minyak jarak memang bisa merangsang pertumbuhan rambut? “Tidak ada penelitian yang menunjukkan minyak jarak dapat meningkatkan pertumbuhan rambut sebanyak 1 centimeter per bulan, yang merupakan standar pertumbuhan rambut FDA,” beber Dr. Hill.

“Namun, saya memiliki yang mengatakan berbeda setiap saat. Selain itu, 90 persen minyak jarak terbuat dari asam risinoleat asam lemak. [Ini] dikenal untuk merangsang reseptor Prostaglandin E2, yang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Ketika diterapkan pada kulit kepala, peningkatan pelebaran pembuluh darah meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen dan kaya nutrisi ke pembangkit tenaga folikel Anda, papilla dermal, atau akar rambut,” imbuhnya.

Loading...