Untuk Praktik Laboratorium, Ini Harga Metanol Pro Analisis

Seorang siswa sedang melakukan penelitian di laboratoriumIlustrasi : Seorang siswa sedang melakukan penelitian di laboratorium

JAKARTA – Bagi mereka yang sehari-harinya berkecimpung di untuk kegiatan , pasti sudah tidak asing lagi dengan bahan pro analisis. Ini adalah bahan yang dikatakan punya kemurnian sangat tinggi (mencapai 99 persen) dan sering dipakai sebagai reagent. Terdiri dari beragam varian, seperti metanol, bahan ini biasanya berada di kisaran ratusan ribu .

“Kimia PA atau biasa disebut kimia pro analisis adalah bahan kimia yang memiliki kemurnian sangat tinggi, mencapai angka 99,95 persen, dan biasa digunakan untuk keperluan laboratorium seperti maserasi, ekstraksi, separasi, dll,” ujar PT Anugrah Niaga Mandiri, penyedia bahan-bahan laboratorium. “Sementara, bahan kimia teknis adalah bahan kimia yang tidak memiliki kemurnian setinggi bahan kimia pro analisis dan biasa diperlukan dalam .”

Bahan kimia pro analisis sering digunakan sebagai reagen atau pereaksi, baik itu primer maupun sekunder, dalam kegiatan di laboratorium. Sebaliknya, bahan kimia teknis umumnya hanya dimanfaatkan sebagai larutan penambah, larutan pembersih, atau penambah pengalaman bekerja, sehingga harganya jauh lebih murah.

Lalu, berapa harga bahan kimia pro analisis di pasaran? Jawabannya bervariasi, tergantung tipe, merk, dan kemasan bahan. Untuk metanol pro analisis misalnya, sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp380 ribuan dalam kemasan 2,5 liter buatan Merck Millipore Jerman. Sementara, produk serupa dari merk Smartlab dengan harga sekitar Rp275 ribuan untuk kemasan 4 liter.

Metanol sendiri sering disebut juga sebagai metil alkohol, wood alcohol, atau spiritus, yakni senyawa kimia dengan rumus kimia CH3OH. Merupakan bentuk alkohol yang paling sederhana, metanol ini berupa cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang sangat khas (namun lebih ringan daripada etanol).

Karena sifatnya yang beracun ini, metanol sering digunakan sebagai bahan aditif bagi pembuatan alkohol untuk penggunaan industri. Penambahan ‘racun’ ini nantinya akan menghindarkan industri dari pajak yang dapat dikenakan karena etanol merupakan bahan utama untuk pembuatan minuman keras (minuman beralkohol).

Loading...