Termasuk Bahan Kimia yang Mudah Terbakar, Berapa Harga Metanol PA?

Harga Metanol PA - www.alfalabchemika.co.idHarga Metanol PA - www.alfalabchemika.co.id

Metanol atau yang juga dikenal dengan sebutan metil alkohol, wood alcohol atau spiritus merupakan senyawa dengan rumus CH3OH. Methanol sendiri adalah bentuk alkohol paling sederhana yang lebih banyak digunakan untuk keperluan , misalnya pendingin anti beku, pelarut, bakar, dan sebagai aditif bagi etanol . Metanol memiliki ciri-ciri berbentuk cairan yang ringan, mudah menguap, tidak berwarna, mudah terbakar, dan beracun dengan bau yang khas (baunya lebih ringan dibanding etanol). metanol PA (pro analisis) di pun beragam, tergantung dan mereknya.

Adapun harga metanol PA Merck Emsure 1.000 ml (1 liter) mulai Rp382 ribu per botol, Metanol PA ex Fulltime Rp375 ribu, dan ada juga methanol PA 100 ml seharga Rp87.500 saja per botol. Meski kegunaannya ada bermacam-macam, ada beberapa minuman alkohol ilegal yang menyalahgunakan metanol dengan mencampurkannya ke dalam miras-miras oplosan atau palsu.

Hingga kini banyak orang merasakan dampak negatif dari miras-miras oplosan yang diberi campuran metanol tersebut. Bahkan beberapa di antaranya terpaksa meregang nyawa karena tergiur dengan miras oplosan yang memang mayoritas dijual dengan harga murah.

“Material ini bisa menjadi sangat berbahaya ketika masuk ke dalam tubuh karena metanol akan berubah menjadi asam format yang sangat beracun. Hanya dengan dua sendok makan metanol, sudah dapat membunuh. Pencampuran ini biasanya dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin menambah keuntungan dari penjualan miras oplosan,” demikian seperti dilansir Gatra.

Korban keracunan metanol sendiri bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain seperti Iran dan India. Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk mengetahui atau tanda-tanda apabila seseorang keracunan metanol.

Gejala keracunan metanol ini biasanya akan terasa dalam kurun waktu 12-24 jam setelah minum miras oplosan, di antaranya merasa sakit kepala atau nyeri dada, gangguan pencernaan atau sakit perut, muntah-muntah atau diare, mata buram atau napas terengah-engah lebih cepat dari biasanya (sampai lebih cepat dari 25 kali per menit). Dua gejala terakhir tersebut merupakan ciri khusus dari keracunan metanol. Jika mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya segera ke rumah sakit.

Loading...