Tawarkan Hasil Pemeriksaan Lebih Detail, Harga Mesin CT Scan Capai Miliaran Rupiah

Mesin CT Scan - www.dicardiology.comMesin CT Scan - www.dicardiology.com

Computed tomography scan atau CT scan adalah prosedur pemeriksaan menggunakan komputer dan X-ray. tersebut dirancang untuk bergerak memutari agar menghasilkan serangkaian dari dan tubuh pasien. Jika dibandingkan rontgen biasa, hasil CT scan lebih detail. Tak heran jika kemudian biaya pemeriksaan CT scan cukup mahal, pasalnya mesin CT scan saja bisa mencapai miliaran .

CT scan bisa digunakan untuk melihat kondisi kepala, bahu, tulang belakang, jantung, perut, lutut, maupun dada pasien. Kondisi jaringan lunak, pembuluh darah, dan tulang di berbagai bagian tubuh bisa diamati melalui CT scan. Biaya CT scan sangat , umumnya berkisar mulai Rp1,6 juta. Meski demikian, CT scan termasuk pemeriksaan yang kabarnya ditanggung oleh BPJS , asalkan sesuai dengan indikasi .

Sedangkan harga mesin CT scan sendiri cukup mahal. Misalnya, untuk CT Scan Philips 12 Slice dijual mencapai Rp7 miliar per unit. Ada juga CT scan merek Toshiba Aquilion 16 slice yang harganya dibanderol Rp3 miliar. Luar biasa sekali bukan?

Di tengah kondisi pandemi (Covid-19) seperti saat ini, otoritas kesehatan Hubei, China bahkan sudah mulai mengubah cara mendeteksi di tubuh manusia. Jika sebelumnya mengandalkan tes darah yang memakan waktu berhari-hari, maka kini mereka memutuskan memakai CT scan untuk melihat langsung organ pasien yang diduga positif corona.

Peralihan metode deteksi ini ditengarai karena Komisi Kesehatan Hubei kekurangan alat tes yang awalnya digunakan. CT scan dipakai untuk memeriksa organ paru-paru pasien, sebab virus corona diketahui menyerang organ paru-paru dan ginjal.

Ahli radiologi di Universitas Thomas Jefferson, Paras Lakhani mengatakan, sebaran virus corona di dalam paru-paru berbeda dengan virus pada umumnya. Covid-19 meluar sampai ke tepi paru-paru. “Itu sesuatu yang jarang kita lihat. Kami melihat itu di severe acute respiratory syndrome (SARS) dan Middle East respiratory syndrome (MERS),” papar Lakhani pada Businessinsider, seperti dilansir CNN Indonesia.

Lakhani menjelaskan, CT scan merupakan satu dari 5 hal yang dibutuhkan untuk membuat diagnosis, bersama dengan gejala, riwayat klinis, perkembangan penyakit, serta tes laboratorium. Pemakaian CT scan untuk deteksi Covid-19 dinilai dapat membuat pasien bisa memperoleh penanganan lebih dini dan juga konsisten.

Loading...