Cocok untuk Usaha Kuliner, Harga Mesin Pembuat Cilok Berkisar Jutaan Rupiah

Sajian cilok (sumber: kayakuliner.com)Sajian cilok (sumber: kayakuliner.com)

memang tak ada matinya, apalagi untuk pinggir jalan alias street food. yang mungkin sejak dulu sampai sekarang masih disukai berbagai kalangan adalah . Ya, pentol atau yang bentuknya menyerupai bakso berukuran mini ini hampir selalu laris-manis. Selain karena harganya yang murah, juga termasuk jajanan yang lezat dan cukup mengenyangkan. Tak heran bila kemudian berjualan pun menjamur di mana-mana.

Di Manado misalnya, seorang penjual cilok asal Gorontalo bahkan berusaha untuk kreatif dengan memodifikasi motornya supaya bisa menunjang jualannya. “Saya mengeluarkan lima juta rupiah untuk memodifikasi motor ini, mirip seperti bentor,” ujar Ayu, penjual cilok, seperti dilansir Beritamanado.

Meski hanya motor keluaran tahun 2000, motor itu diakui Ayu sangat berjasa untuk menghidupinya dan keluarga. “Walaupun motor tua tapi sudah menghasilkan banyak. Lumayan lah, kalau lagi ramai bisa Rp1,8 juta per hari, kalau sepi sekitar Rp1,4 juta,” kata Ayu.

Meskipun keuntungannya sangat besar, Ayu mengaku tetap ada suka duka saat menjalani usaha berjualan cilok di Jalan Unsrat Barat depan Fakultas tersebut. “Kalau hujan saya menahan dingin, berteduh di bawah payung. Jika pas lagi libur, pendapatan turun drastis, tapi cukuplah untuk makan,” ungkap Ayu.

Menurut Ayu, cilok yang paling laris diburu pembeli adalah cilok yang menggunakan telur. “Cilok yang pakai telur itu, yang paling laris dibeli,” ujarnya.

Untuk memulai usaha berjualan cilok sendiri para pedagang memiliki metode yang berbeda-beda. Ada yang masih memakai metode manual mencetak cilok dengan bantuan tangan dan sendok. Namun ada juga yang sudah lebih maju dengan memanfaatkan pembuat cilok supaya hasil cilok yang dicetak lebih seragam dan prosesnya lebih cepat.

Saat ini sudah banyak mesin atau alat cetak cilok di pasaran. Biasanya mesin cetakan cilok itu hampir sama seperti alat untuk mencetak bakso. Sebagai contoh, untuk mesin pencetak bakso Maksindo dibanderol dengan Rp13,88 juta. Mesin satu ini terdiri dari beberapa ukuran cetakan, mulai dari 1,6 cm; 2,6 cm; 3 cm; dan 3,9 cm. Ada juga yang lebih murah seperti meat ball maker merek Getra SJ-280 yang harganya hanya Rp8,8 jutaan. Mesin Getra ini memiliki diameter cetakan mulai 18 mm, 26 mm, dan 39 mm.

Loading...