Kerap Dipakai Membuat Buttercream, Segini Harga Mentega Putih Kiloan

Harga Mentega Putih Kiloan - www.ruchiskitchen.comHarga Mentega Putih Kiloan - www.ruchiskitchen.com

mentega yang digunakan untuk membuat kue atau ada bermacam-macam. Salah satu yang kerap dipakai dalam adalah mentega putih. Mentega putih atau yang juga dikenal dengan sebutan shortening biasanya dipakai untuk membuat buttercream, campuran untuk adonan , dan sebagainya. Mentega putih ada yang ecer atau kiloan dengan harga beragam, tergantung merek.

“Kerap disebut sebagai shortening, mentega putih biasanya berasal dari lemak hewani, lemak nabati, atau percampuran antara keduanya. Yang membedakan, shortening memiliki lemak penuh atau tidak ada air di dalamnya,” demikian seperti dilansir Femina.

Sesuai dengan namanya, mentega putih atau shortening memiliki putih, tidak berbau, dan memiliki tekstur yang lebih padat dibanding margarin atau mentega biasa. Titik leleh margarine putih juga lebih tinggi dari margarine, yakni sekitar 40-44 derajat celsius. Selain tersedia di dalam bentuk padat, ada juga mentega putih dalam wujud cair atau mentega putih yang dipakai untuk menggoreng.

Mentega putih lebih umum dipakai untuk campuran membuat buttercream, roti tawar, bakpao, dan beberapa resep cookies. Dengan karakteristik mentega putih yang padat, tidak mengandung air, dan titik lelehnya tinggi, maka jika digunakan untuk membuat buttercream akan menghasilkan buttercream yang kokoh dan tak mudah meleleh di suhu ruangan seperti di tropis macam Indonesia.

Di pasaran ada beberapa pilihan merk mentega putih kiloan, seperti mentega putih Medalia Shortening 1 kg yang dijual dengan harga Rp18 ribu, mentega putih Pusaka 1/2 kilo (500 gram) seharga Rp15 ribu, mentega putih Amanda Baker’s Fat 1/4 kilogram (250 gr) seharga Rp4.500, mentega putih Fortune 1/2 kg seharga Rp10 ribu, hingga mentega putih Rose Brand 15 kg dengan harga mencapai Rp225 ribu.

Mentega putih atau shortening dapat ditemukan dengan mudah di berbagai toko bahan kue terdekat. Namun, perlu diketahui bahwa harga mentega putih kiloan bisa saja berubah sewaktu-waktu dan harga yang berlaku di setiap kemungkinan dapat berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual.

Loading...