Harga Mencapai Ratusan Ribu Rupiah, Kodok Pacman Kini Banyak Dipelihara

Harga Kodok Pacman - www.tokopedia.comHarga Kodok Pacman - www.tokopedia.com

Selain di luar negeri, jenis reptil atau amfibi di Indonesia ternyata cukup banyak. Ada beragam jenis eksotis yang kini dijadikan di rumah atau bahkan dibudidayakan, salah satunya seperti kodok Pacman. Kodok Pac-man ini kabarnya berasal dari Amerika Latin dan jualnya berkisar mulai dari ratusan ribu per ekornya. Luar biasa sekali bukan?

Tampilan kodok Pacman memang sangat menarik dan berbeda dari katak atau kodok pada umumnya. Dengan wujud tubuhnya yang tampak membulat ketika dilihat dari atas dan juga kulitnya yang berwarna cukup cerah dengan bintik hitam bulat. Kodok yang memiliki nama lain cranwell frog ini adalah salah satu hewan yang belakangan naik daun dijadikan binatang peliharaan.

Salah satu penghobi reptil sekaligus peserta kontes reptil di Bali beberapa tahun lalu, Debi Agus Dhamar mengaku bahwa kodok pacman yang ia bawa bukan untuk dilombakan, melainkan untuk dipamerkan dan . “Kontes kali ini tidak ada untuk pacman, jadi saya bawa ke sini untuk dijual mulai ukuran bayi dengan harga Rp 500 ribu,” kata Debi, seperti dilansir TimesIndonesia.

Debi mengungkapkan bahwa kodok pacman tersebut ia peroleh dari peternak di Yogyakarta dan Jakarta. “Pacman itu asal dari Amerika Latin, umumnya dari Argentina. Tapi kalau saya ngambil pacman ini dari Jogja dan Jakarta karena di sana paling besar peternakannya. Kalau dulu memang impor, tapi semenjak banyak yang ingin memeliharanya, maka banyak peternak reptil Indonesia yang membudidayakan hingga beranak-pinak,” beber Debi.

Menurutnya, perbedaan pacman dengan jenis kodok lainnya sebenarnya tak ada. Namun kodok pacman ini indah dipandang lantaran memiliki warna yang mencolok. Selain itu, usia pacman pun tergolong lama, bisa mencapai 6 tahun. Di situs jual beli sendiri, harga kodok pacman berkisar mulai Rp 450 ribu hingga Rp 850 ribu per ekor untuk jenis albino.

“Kalau awalnya pacman dianggap kodok yang beracun karena warna yang mencolok. Tapi pacman ini jenis kodok yang tidak beracun, dan pada umumnya ada 5 jenis warna, merah, hijau, biru, coklat, dan kuning. Selain itu untuk memeliharanya juga simple, cukup ditaruh di dalam plastik atau aquarium dan sedikit rendam dalam air agar lembab. Kalau yang masih bayi, makanannya hanya jangkrik saja, kalau sudah besar apapun dimakan,” tuturnya.

Loading...