Memutihkan Gigi dengan Veneer? Ini Harga yang Harus Dibayar

Ilustrasi: veneer gigiIlustrasi: veneer gigi

JAKARTA – Setidaknya, ada dua metode yang dapat digunakan untuk memutihkan gigi, yakni bleaching dan veneer. Khusus untuk veneer, selain berguna memutihkan gigi, juga bisa dipakai untuk mereka yang ingin mendapatkan bentuk gigi kelinci. Sayangnya, yang harus dibayarkan untuk melakukan ini memang tidak bisa dikatakan murah, mencapai angka jutaan .

Menurut drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto, Master Veneer , jika Anda menginginkan gigih putih yang bersifat sementara, maka disarankan untuk memilih metode bleaching. Sementara, apabila Anda ingin mengidamkan gigi putih dalam waktu relatif lama, maka metode veneer bisa Anda coba. “Fungsi veneer sendiri adalah mempercantik dan melindungi permukaan muka gigi yang rusak,” katanya, dilansir dari Suara.

Ia melanjutkan, setidaknya, ada dua jenis veneer yang jamak dilakukan oleh para , yakni veneer direct dan veneer indirect. Veneer gigi direct dibuat langsung jadi dengan menggunakan tambal, sedangkan veneer indirect dilakukan dengan porselen sehingga hasilnya lebih tahan lama. “Bagi Anda yang tidak tahan dengan rasa nyeri, metode ini lebih direkomendasikan,” sambung drg. Donna.

Sementara itu, drg. Hari Sunarko. Sp.Perio(K), menjelaskan bahwa veneer gigi merupakan salah satu upaya untuk mendapatkan gigi kelinci. Proses pembentukan veneer gigi ini dapat disesuaikan dengan selera yang diinginkan. Jika pasien ingin membuat gigi kelinci, ukuran cukup ditambah, biasanya lebih panjang dari gigi yang asli.

Lalu, berapa yang diperlukan untuk melakukan veneer gigi ini? Menurut keterangan drg. Ahmad Syaukani, ortodonti, seperti dilansir Detik Health, direct veneer di dokter gigi bisa sekitar Rp3 juta hingga Rp5 jutaan per gigi. Sementara, untuk metode indirect veneer, yang dikeluarkan lebih besar, bisa di atas Rp5 jutaan per gigi.

Sebagai referensi, di Indo Dental Center, menurut sang pendiri, drg. Leonard C. Nelwan, Sp.Pros, FISID, FITI, biaya veneer di klinik tersebut berkisar Rp8 jutaan untuk satu gigi. Sementara, di klinik premium lainnya, biayanya bisa mencapai angka Rp12 juta per gigi, sedangkan di klinik sedang harganya sedikit lebih murah, berkisar Rp6 juta hingga Rp7 jutaan per gigi.

Loading...