Pilihan Merek Beragam, Harga Meja Billiard Bola Besar Mulai Jutaan Rupiah

Harga Meja BilliardHarga Meja Billiard

Dalam billiard, bukan hanya bola yang menjadi pertimbangan, meja yang digunakan pun penting. Meja billiard yang beredar di pun hadir dalam berbagai , mulai dari kecil sampai besar. meja billiard bola besar berkisar mulai jutaan rupiah di pasaran.

Sebagai gambaran, meja billiard Yupiter ukuran 9 feet Rp9,8 juta, meja billiard Pluto 9 feet Rp12,5 juta, meja billiard lokal 9 feet Xcellent Rp11 juta, meja billiard Titanium Oval Pro 9 feet Rp13,8 juta, merk Murrey Superior STD 9 ft Rp36 juta, dan Murrey Gold Crown V STD 9 ft pool table harganya mencapai Rp40 juta.

meja biliar dalam olahraga permainan bola sodok sangat penting. Jika meja tidak dalam kondisi yang baik, maka permainan billiard yang berkualitas pun sulit untuk dicapai. Ukuran standar meja billiard berdasarkan ketentuan adalah meja 9 feet dengan ukuran lebar 127 cm dan panjang 254 cm. Namun dalam perkembangannya terdapat sejumlah variasi ukuran meja billiard, yakni 4 ft, 7 ft, dan 8 ft.

Meja billiard terbuat dari bahan kayu dan batu hitam sebagai alasnya. Permukaan berlapis (laken) adalah salah satu bagian paling penting karena di permukaan itulah bola disodok dan permainan dapat berlangsung. Menurut Andreas Nataliano atau coach Andre yang menjadi Head Coach Pengurus Provinsi POBSI Banten, permukaan meja berlapis merupakan bagian yang mudah menyimpan kotoran, mulai dari sisa-sisa kapur, debu, atau kotoran lainnya. “Menumpuknya berbagai kotoran ini dapat mempengaruhi laju bola dan ketepatan sasarannya,” jelas Andre, seperti dilansir Okezone.

Andre menyarankan, dalam merawat meja biliar sebaiknya gunakan pembersih kaca dan lap lembut yang menyerap kelembapan. Lalu, lap sampai kering sampai tak meninggalkan bercak. Lapisan kain atau laken dibersihkan dengan sikat halus tiap kali meja selesai digunakan.

Kemudian, jangan lupa juga untuk membersihkan lubang pocket, rel bola, kaki-kaki meja, serta gunakan vacuum cleaner secara rutin untuk seluruh bagian meja minimal seminggu sekali. Bola billiard pun sebaiknya dibersihkan dengan cairan khusus bola setiap kali setelah bermain.

Loading...