Punya Tampilan Unik, Berapa Harga Meja Akar Jati Ukir?

Akar jati bisa dibuat menjadi meja dan kursi - rumahhokie.com

JAKARTA – Bagi sebagian orang, meja tidak hanya bermanfaat sebagai tempat meletakkan barang. Salah satu perabotan penting tersebut juga bisa menambah estetika hunian. Nah, apabila Anda juga sepakat, mungkin Anda bisa mengaplikasikan meja jati ukir di ruang tamu atau beranda depan Anda. Hadir dalam berbagai , harga meja akar jati ukir ini memang lumayan , rata-rata jutaan per unit.

Jika Anda menelusuri sejumlah situs jual beli online, sudah banyak perajin atau mebel yang menawarkan meja akar jati ukir. Untuk ukuran yang tidak terlalu besar, dengan bentuk menyerupai naga, dijual dengan harga Rp4 jutaan, sedangkan yang punya dimensi medium harganya mencapai Rp9 jutaan. Ada pula yang melepas meja ini dengan banderol Rp15 jutaan. Bahkan, harga meja ukir akar jati yang diklaim langka bisa menyentuh angka Rp50 jutaan.

Menurut Kapten Ctp Sutomo, warga Jalan Kauman, Mangkang Wetan Tugu, Semarang, kayu jati dengan bagus dan tua memiliki warna kecokelatan yang menarik. Material ini pun dikatakan bisa tahan hingga puluhan tahun. Untuk membersihkannya juga mudah, cukup dicuci dengan air, warnanya akan kembali bagus dan tidak akan pudar.

Salah seorang pedagang di Sentra Kayu Jati di Jepon, Blora, Edi Siswanto, mengatakan bahwa ia sering menggunakan akar jati sebagai bahan baku membuat perkakas seperti kursi dan meja. Pasalnya, kursi dari akar jati ini diklaim tidak rusak sampai tujuh turunan. “Semua di toko berbahan baku kayu jati Blora,” ujar Edi, dikutip dari Liputan6.

Sementara itu, Muntoko, seorang warga Mojo, Kabupaten Kediri, mengungkapkan bahwa kini dirinya beralih menggarap akar pohon jati menjadi meja dan kursi setelah sebelumnya sempat bekerja sebagai sopir truk. Sejak beralih profesi, ia baru bisa menyelesaikan satu set meja kursi, yang terdiri dari satu meja dan empat kursi.

“Kemarin ada yang menawar mejanya saja dengan harga Rp3 juta, tetapi belum saya berikan karena saya ingin menjual satu set meja kursi langsung, tidak sendiri-sendiri,” tutur pria 45 tahun tersebut, seperti dikutip dari Bangsa Online. “Untuk satu set yang terdiri dari satu meja dan empat kursi, harganya bisa Rp10 juta.”

Loading...