Harga Mahal, Ikan Letter Six Cukup Mudah Dipelihara

Harga, ikan, letter, six, blue tang, dori, finding nemo, hias, akuarium, aquarium, produsen, toko, ukuran, pemula, air, laut, surgeon, fish, cara, memelihara, berenang, teknologi, balai, budidaya, perikanan, potensi, lingkungan, langka, golonganSekumpulan ikan letter six atau blue tang fish (sumber: Pinterest)

Jika Anda pernah menonton film animasi ‘Finding Nemo’, tentu sudah tidak asing dengan lucu berwarna biru. yang dijuluki Letter Six ini dianggap sebagai raja dari semua surgeon fish. Dengan dan corak yang menawan, ikan ini tergolong dalam ikan yang memiliki jual cukup mahal dan termasuk dalam golongan ikan musiman yang cukup .

Letter six merupakan jenis ikan herbivora. Karena sesekali ikan ini pun akan memakan pakan awetan, ataupun udang rebon, meskipun makanan utamanya tetap saja tumbuhan. Untuk memelihara ikan jenis ini sebenarnya tidak begitu sulit, cukup sediakan selembar daun selada yang bersih dari pestisida dalam tiga atau empat hari sehari, dijamin ikan ini akan bertahan dalam aquarium.

Dalam pun jenis ikan ini tidak terlalu menimbulkan kesulitan, kecuali dengan tingkat stress-nya yang cukup tinggi. Ikan letter six membutuhkan ruang yang cukup luas, karena umumnya letter six senang berenang hilir mudik dengan lincah dan beratraksi di antara celah-celah karang.

Ditemukan di Indo-Pasifik dari Afrika Timur ke Kiribati, dan dari utara ke selatan Jepang, Lettersix atau Blue Tang adalah ikan karang yang mendiami kedalaman hingga 40 meter. Ikan yang dikenal dengan sebutan dori ini juga lebih menyukai arus deras pada terumbu ke arah laut di mana bentuk-bentuk rumput yang melayang-layang di atas koloni karang (terutama Pocillopora eydouxi).

Salah satu cara untuk memelihara ikan letter six adalah, siapkan celah karang sempit untuk tempat persembunyiannya sekaligus tempat di mana ia akan beristirahat di malam hari, dan jangan khawatir apabila melihat ikan ini tidak mau makan, karena selera makannya memang tidak begitu besar, bahkan, bisa dikatakan ikan ini sangat anggun dalam hal makan.

Umumnya, ikan letter six dengan harga berkisar antara Rp95 ribuan hingga Rp300 ribuan, tergantung ikan tersebut. Beberapa toko ikan juga menyediakan letter six yang sudah terlatih dan beradaptasi dengan akuarium. Hal ini tentu saja memudahkan para pecinta ikan hias air laut pemula.

Untuk bisa menjadi produsen ikan hias besar di dunia, terus berjuang untuk menguasai teknologi budidaya ikan air laut dengan sangat baik. Penguasaan teknologi tersebut dinilai sangat penting, karena bisa menentukan kualitas ikan hias dan sekaligus meningkatkan kuantitasnya di masa mendatang.

Sejak 2016, teknologi ikan hias air laut sudah dikembangkan di Ambon, Maluku. Menurut Direktur Jenderal Budidaya (DJPB) Kementerian Kelautan dan (KKP) Slamet Soebjakto, teknologi yang terus dikuasai adalah dari sisi pembenihan dan pembesarannya. “Kita tidak ingin lagi tergantung dari alam, sehingga kita kuasai teknologinya. Ini juga mendukung berkelanjutan untuk lingkungan sekitar perairan,” ucapnya dilansir Jitunews.

Di Ambon, Slamet menjelaskan, dengan menggunakan teknologi, Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Ambon berhasil membudidayakan ikan hias jenis clown fish, mandarin fish, banggai cardinal fish, dan blue devil. Ikan-ikan hias tersebut, sebelumnya sulit dikembangkan karena teknologinya belum dikuasai.

“Saat ini, dengan menggunakan teknologi yang sudah dikuasai, ikan-ikan hias tersebut berhasil dikembangkan dengan baik. Sekarang, Ambon juga sedang melakukan domestikasi ikan hias jenis letter six atau dori, dan juga angel piyama,” tutur dia. Pengembangbiakan dengan menggunakan teknologi tersebut, menurut Slamet, sekaligus menjadi bentuk perlindungan terhadap alam yang dilakukan pihaknya dan sekaligus memanfaatkan potensi alam Indonesia dengan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Loading...