Bikin Mobil Ceper, Segini Harga Lowering Kit Avanza

Lowering Kit Avanza - www.bukalapak.comLowering Kit Avanza - www.bukalapak.com

JAKARTA – Membuat menjadi lebih ceper adalah salah satu umum yang dilakukan sejumlah kendaraan, termasuk untuk Toyota Avanza. Ada beragam cara yang dapat dipakai untuk mereduksi ketinggian mobil, salah satu yang paling simpel menggunakan lowering kit. Di pasaran sendiri, produk tersebut dengan berkisar ratusan ribu hingga jutaan .

“Jadi, modifikasi itu sudah seperti perjalanan hidup sebetulnya, soalnya bertahap banget,” tutur Lucky Reza dari StanceLab yang juga seorang drifter nasional dan modifikator, dilansir Gridoto. “Buat yang baru mulai modifikasi, mayoritas pasti memilih potong per, terus berlanjut pilih lowering kit, seperti Eibach atau lainnya. Setelah itu, baru memilih mana yang lebih pas, coilover atau airsus.”

Seperti yang disampaikan di atas, untuk yang ingin simpel, bisa memilih memakai lowering kit. Ini adalah kit suspensi, biasanya berupa per yang didesain oleh pabrikan aftermarket untuk meningkatkan tampilan dan handling mobil. Sesuai namanya, lowering kit memiliki per lebih pendek dari standar mobil.

Meski lebih pendek, karena sudah diperhitungkan oleh para ahli di produsennya, lowering kit dikatakan tetap mempertahankan kenyamanan yang tak jauh berbeda dari standar. Salah satu kelebihan lowering kit dibanding cara lain seperti coilover atau air suspension adalah harganya yang lebih terjangkau. Harga lowering kit ini bermacam-macam, tergantung spesifikasi dari per tersebut.

“Secara umum, ada tiga lowering kit untuk mengatur ketinggian mobil, mulai dari entry level yaitu mengganti per aftermarket, kemudian mengganti sokbreker coilover, hingga pemasangan suspensi udara,” terang Riefki Bhaskoro dari Bengkel Akasia Motor di kawasan Jatibening, Bekasi. “Salah satu kelebihan per aftermarket dibanding lowering kit lain adalah harganya yang cukup terjangkau, sehingga cocok untuk yang pertama mencoba memendekkan mobil.”

Nah, jika kebetulan kendaraan Anda adalah Toyota Avanza dan ingin memodifikasi mobil tersebut, tidak susah mendapatkan lowering kit. Pasalnya, komponen ini sudah dijual bebas di berbagai bengkel serta jual beli online. Harga yang dipatok bervariasi, ada yang menawarkan Rp625 ribuan, Rp700 ribuan, Rp1 jutaan, Rp2 jutaan, hingga yang termahal sekitar Rp4,9 jutaan.

Loading...