Kerap Dipakai Sebagai Obat Diare, Segini Harga Loperamide 1 Box

Obat Diare Loperamide - www.amazon.co.ukObat Diare Loperamide - www.amazon.co.uk

Selain flu, termasuk salah satu yang rentang dialami masyarakat Indonesia terutama pada saat hujan dan banjir seperti sekarang. Diare biasanya ditandai dengan feses yang encer dan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dari biasanya. ini disebabkan oleh beberapa bakteri seperti rotavirus, shigella, E.coli, cryptosporidium, dan lain-lain. Biasanya obat yang kerap dikonsumsi untuk mengatasi diare adalah loperamide yang dapat mengurangi frekuensi BAB.

Obat loperamide dalam berbagai dagang. Sebagai contoh, untuk Inamid Loperamide HCl 2 mg dengan Rp28 ribu per 1 box. Ada juga merek lain seperti Lodia seharga Rp101 ribu per box atau Rp10 ribu 1 strip, kemudian merek Imodium Loperamide per box-nya cukup mahal, mencapai Rp730 ribu.

Sebagai informasi, diare sendiri merupakan proses untuk mengeluarkan racun (toksin) atau kuman yang terdapat dalam . Namun karena merasa tidak nyaman, para penderitanya justru kerap meminum obat untuk menghentikan diare seperti loperamide. Padahal menurut Umum dan Kepala Unit Emergency RS Pondok Indah, dr Felix Samuel, M.Kes, konsumsi obat penghenti diare ternyata justru berbahaya.

Dr. Felix menjelaskan, loperamide bekerja dengan memperlambat gerakan usus supaya frekuensi BAB berkurang. Pada diare yang non spesifik seperti diare karena alergi susu atau santan, hal itu mungkin tak bermasalah. Tetapi pada kasus diare serius seperti disentri, konsumsi loperamide justru dapat menyebabkan nyeri perut dan kembung. Bahkan diare disebutnya tidak selesai dan bisa berlanjut jika efek loperamide hilang. “Makanya yang harus kita obati bukan gejalanya, tetapi penyebabnya,” kata dr. Felix, seperti dilansir Kompas.

Menurutnya, diare akut atau gastroenteritis sebenarnya dapat sembuh sendiri dalam 7 hari jika disebabkan oleh virus. Tetapi, bila diare disebabkan oleh bakteri, maka penanganannya membutuhkan antibiotik. Apabila terlalu sering mengalami muntah dan diare, dr. Felix menganjurkan untuk minum elektrolit atau oralit selain yang paling penting adalah memperbanyak minum air putih supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Loading...