Tenaga Tembus 2.250 HP, Berapa Harga Lokomotif CC 206?

Lokomotif CC 206 - id.wikipedia.orgLokomotif CC 206 - id.wikipedia.org

Telah bekerja sama dengan General Electric selama lebih dari 30 tahun, tidak mengherankan jika kemudian PT Kereta Api (PT KAI) rajin mendatangkan dari asal AS tersebut, salah satunya lokomotif CC 206. Punya berkisar Rp20 miliar, penarik gerbong kereta tersebut sempat didatangkan pada tahun 2013 dan 2015 lalu.

Pada tahun 2013 misalnya, PT KAI mendatangkan 75 lokomotif seri CC 206 untuk Jawa. Pengadaan lokomotif kereta api itu dilakukan seiring dengan kebutuhan . PT KAI pada 2013 memang lebih banyak menyasar kereta barang dengan pertimbangan kondisi jalanan raya yang macet. Satu lokomotif kereta api dikendalikan oleh dua masinis dalam dua kabin.

“Kami memilih General Electric karena mereka memiliki yang lengkap,” tutur Kepala Unit Pelaksana Teknis Balai Yasa Yogyakarta, John Roberto, kala itu, seperti dilansir Tempo. “Selain itu, General Electric merupakan pemenang tender dari sejumlah perusahaan. Direktorat pusat PT KAI memilih perusahaan sesuai prosedur lelang.”

Dua tahun kemudian, perusahaan kembali mendatangkan 15 unit lokomotif CC 206 melalui Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Lokomotif ini memiliki 2 bogie dengan konfigurasi C-C 3 buah gandar penggerak untuk setiap bogie. Dibandingkan lokomotif GE sebelumnya, seri ini dikatakan lebih canggih dan memiliki tenaga lebih besar serta tingkat emisi gas buang yang lebih rendah. Sebelumnya, pada tahun 2014, PT KAI sudah mendatangkan 100 lokomotif CC 206.

lokomotif CC 206 adalah GE 7FDL-8 versi terbaru yang emisinya setingkat dengan emisi lokomotif Dash-9 di AS, dengan daya sebesar 2.250 tenaga kuda dan 100 daya kuda lebih tinggi dari tenaga keluaran lokomotif CC 203 (2.150 HP). Perangkat elektronik memakai komputer GE BrightStar Sirius yang dipadukan dengan layar GE Integrated Function Display (GE IFD), menjadikannya lokomotif pertama GE pertama di Indonesia dengan tekonologi monitor tersebut.

“Selain tenaganya lebih besar, mencapai 2.250 horse power, lokomotif baru ini memiliki dua kabin. Itu keunggulannya,” ujar Manager Quality Control Balai Yasa Jogjakarta, Entang Sutisna, disalin Radar . “Kekuatan penuh CC 206 GE sebenarnya bisa mencapai 150 kilometer per jam, dengan total berat beban yang bisa ditarik bisa lebih dari seribu ton.”

Loading...