Dapat Diolah Menjadi Resep yang Menggugah Selera, Berapa Harga Lidah Sapi 1 Kg?

Harga Lidah Sapi - pakarayam.idHarga Lidah Sapi - pakarayam.id

Bagian yang kerap diolah menjadi biasanya adalah bagian daging di badannya. Bagian jeroan seperti lidah pun sebenarnya juga nikmat jika diolah dengan benar. Di pasaran lidah sapi 1 kg umumnya mulai Rp105 ribu untuk daging lokal, kemudian yang impor harganya Rp119 ribu per kilogram, dan lidah sapi slice/iris (gyutan) mencapai Rp150 ribu.

Lidah sapi rupanya menjadi salah satu yang cukup menjanjikan. Bahkan bagian jeroan dari sapi ini dapat diolah menjadi asal Jepang, Gyutan Don. Sebagian besar mahasiswa asal Indonesia yang ada di Melbourne, Australia kabarnya sangat suka dengan gyutan don. Sajian gyutan don sendiri adalah nasi putih yang diberi topping irisan lidah sapi. Cita rasa yang dihasilkan cenderung gurih dan pedas.

Salah seorang pemilik usaha Gyutan Don di Galaxy Mall Kota Surabaya, Ivone Suhartono mengaku suka dengan kuliner tersebut. Oleh sebab itu, Ivone membuka yang mengusung menu gyutan don. “Ya ini sebagai nostalgia saat dulu kuliah di Melbourne, dan banyak sekali mahasiswa dari Indonesia yang suka,” kata Ivone, seperti dilansir Tribunnews.

Ivone mengaku bahwa gyutan don adalah salah satu menu andalan di restorannya lantaran menggunakan dari Menya, resto yang menyediakan menu gyutan don di Melbourne, Australia. Menurutnya, keunggulan dari gyutan don di resto Negiya Dining besutannya adalah memakai selected cut beef tongue atau irisan lidah sapi terpilih.

“Jadi kita hanya menggunakan 1/3 dari seluruh bagian lidah sapi, sehingga Gyutan Don kami memiliki tekstur yang tipis dan empuk, tidak keras sama sekali dan tidak berbau amis,” terang Ivone. Yang lebih menarik lagi, koki yang menghidangkan gyutan don pun sekolah langsung ke Australia untuk mempelajari menu tersebut. “Jadi rasa irisan dan semua yang disajikan sama persis seperti di Australia sana,” bebernya.

Untuk yang tidak suka dengan lidah sapi pun bisa memilih menu yang diganti dengan irisan daging sapi. “Rasanya sama hanya lidah sapi diganti dengan daging sapi yang di iris tipis-tipis,” tandasnya.

Loading...